Gubernur : Pasca PON, Papua Miliki Atlet Prestasi

Gubernur Lukas Enembe (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Perhatian Pemerintah Papua dibawah pimpinan Gubernur Lukas Enembe soal pengembangan SDM Papua melalui bidang olahraga tidak perlu diragukan lagi. Gubernur Enembe sudah membuktikan dengan menghadirkan PON XX dan Peparnas XVI di bumi Papua.

Tak hanya itu, dalam mendukung hajatan olahraga nasional empat tahunan tersebut, Pemerintah Papua bersama Pemerintah Pusat juga menyiapkan venue-venue bertaraf internasional yang ada di empat kluster penyelenggara.

Sebab itu, Gubernur Enembe berharap, pasca pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI, Papua bisa menghasilkan atlet-atlet potensial yang akan mengharumkan nama besar Papua dan bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Jauh hari, Gubernur Enembe juga memiliki mimpi besar untuk menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga, khususnya cabang olahraga sepakbola dan atletik.

“Saya yakin dikalangan masyarakat banyak yang saling berbisik mengenai pembangunan venue PON XX ini yang sampai menelan biaya hingga triliun. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa investasi sebesar itu adalah investasi untuk masa depan Papua sebagai provinsi olahraga,” ungkap Gubernur Enembe dalam sambutnya saat meresmikan venue Rugby Silas Papare di Auri Sentani, Rabu (22/9).

Orang nomor satu di Bumi Cenderawasih itu optimis,  SDM Papua yang didukung oleh bakat alam serta ditunjang fasilitas olahraga yang berkualitas akan menghasilkan atlet-atlet prestasi bagi Papua.

“Investasi ini untuk membentuk putra-putri Papua sebagai atlet yang berkarakter juara, atlet yang pantang menyerah untuk mencapai hasil yang diinginkan,” ujar Gubernur Enembe.

“Saya menginginkan venue-venue yang kita bangun ini adalah menjadi kawah candradimuka dalam pembentukan atlet berprestasi Papua,”

Gubernur Enembe juga berharap, pasca PON, pembinaan atlet juga harus ditopang oleh SDM pelatih yang mumpuni.

“Saya mengenang mantan Gubernur Papua Bapak Acub Zainal. Dalam periode kepemimpinan yang sangat singkat beliau meninggalkan legacy Stadion Mandala yang menjadi tempat lahirnya banyak atlet-atlet berbakat Papua,” jelas Gubernur Enembe.

“Dan inilah yang menginspirasi saya di tahun 2013 lampau ketika pertama kali menggagas Papua harus menjadi tuan rumah PON XX. Saya sangat yakin dengan menjadi tuan rumah PON akan melahirkan banyak dukungan sarana dan prasarana olahraga sehingga kelak Papua bisa menjadi tempat lahirnya atlet-atlet berprestasi di tanah air ini,” tutup Gubernur Enembe. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *