Pendatang Baru, Sepakbola CP NPC Papua Target Medali Emas

Cabang olahraga Sepakbola CP saat melakukan latihan di Stadion Mahacandra Uncen, Kamis (23/9). (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Tim sepakbola CP National Paralympic Committee (NPC) Papua terus intens melakukan persiapan, bahkan hingga hari ini persiapan mereka sudah mencapai progres 93 persen menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI. Mereka kini tinggal mematangkan finishing atau penyelesaian akhir.

Pelatih tim sepakbola CP NPC Papua, Yan Runtini mengatakan di sisa waktu menuju Peparnas XVI yang akan digelar pada 2-15 November mendatang, anak asuhnya tetap rutin berlatih.

Meski menurutnya dari segi fisik maupun teknik sudah tak ada masalah, namun ia mengakui penyelesaian akhir masih harus dimantapkan oleh timnya.

“Tim kami sudah 93 persen siap, dan di sisa beberapa hari ini bagaimana kita melatih anak asuh kita dalam hal finishing. Secara fisik dan teknik semua sudah siap,” ungkap Runtini kepada Cenderawasih Pos, Kamis (23/9).

Nantinya, cabang olahraga sepakbola CP pada iven Peparnas XVI hanya akan diikuti oleh 4 peserta yakni Papua, Aceh, Jawa Barat dan Jawa Timur. Walau baru pertama kali ikut serta, tim sepakbola CP NPC Papua tetap menargetkan medali emas.

“Kita ada 12 pemain, dan kita hanya 4 tim kontestan yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh dan kami tuan rumah. Sistem pertandingannya kami belum dapat informasi seperti apa, tapi kelihatannya kompetisi penuh. Target kita tetap medali emas. Ini baru pertama kali kami ikut. Jadi kalau peta kekuatan, karena kita tuan rumah dan kami yakin kita bisa meraih medali emas. Hasil ujicoba 6 kali di Makassar cukup bagus,” ungkap Runtini.

Sementara itu, Ketua harian PB Peparnas Papua, Doren Wakerkwa menjelaskan cabor sepakbola CP menjadi salah satu dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada event \ Peparnas XVI yang akan mulai digelar pada November mendatang, atau seusai pelaksanaan PON XX.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan NPC Papua dengan total atlet mereka berjumlah 272 orang, kita kumpulkan dan gelar rapat koordinasi dengan ketua-ketua 12 cabor  yang akan dipertandingkan yaitu atletik, renang, sepakbola CP, boccia, tenis meja, bulutangkis, panahan, tenis lapangan kursi roda, catur, judo tunanetra, angkat berat, dan menembak,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *