Infrastruktur Telekomunikasi  dan Informatika Siap 100 Persen

Menkominfo Republik Indonesia, Johnny G. Plate didampingi Plt. Sekda Papua, Ridwan Rumasukun, ketua DPR Papua, Johny Banua Rouw dan Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda saat meninjau media center yang disiapkan untuk PON dan Peparnas Papua, Kamis (23/9). (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Guna memastikan dukungan infrastruktur  telekomunikasi dan informatika pada saat event PON XX dan Peparnas XVI berjalan dengan baik dan telah siap sedia, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny Gerard Plate melakukan kunjungan ke Papua, Kamis (23/9).

Dalam kunjungannya Menkominfo Johnny Plate menggelar rapat bersama Pemprov dan Forkopimda Papua, Telkom dan Telkomsel serta pihak terkait lainnya di Sasana Krida kantir Gubernur Papua.

Usai rapat Menkominfo Johnny Plate langsung mengecek media center di kantor Gubernur Papua yang disiapkan untuk mendukung pemberitaan pelaksanaan PON dan Peparnas di Papua.

Menkominfo Johnny Plate menyebutkan, dari pengecekan yang dilakukan, dirinya memastikan sarana infrastruktur telekomunikasi dan informatika sudah disiapkan dengan baik. “Dapat dipastikan bahwa sarana infrastruktur telekomunikasi dan informatika sudah disiapkan dengan baik. Termasuk pemanfaatan infrastruktur Kominfo melalui infrastruktur Bakti Kominfo maupun infrastruktur jaringan mitra kerja dalam hal ini PT. Telkom dan Telkomsel,” jelasnya kepada awak media, Kamis (23/9) kemarin.

Diakuinya, kesiapan infrastruktur sudah sempurna 100 persen. Dengan back up yang tinggi, Johnny Plate memastikan bahwa transmisi data, suara dan gambar dapat dilakukan dengan baik untuk seluruh aktivitas PON XX Papua.

“Apabila terjadi masalah pun masih terjaga dengan baik. Namun demikian untuk memastikan pelayanan pemerintahan dan layanan kegiatan serta aktivitas masyarakat maka infrastruktur back up juga sudah disiapkan,” bebernya.

Lanjut Jhonny, infrastruktur back up yang dimaksudkan adalah pemanfaatan jaringan kabel optik internasional yaitu jalur Jayapura-Madang-Port Moresby-Guam-Manado dan sampai ke wilayah Indonesia lainnya.

Tidak hanya satu jalur back up melainkan dua jalur back up yakni Jayapura – Madang-Post Moresby-Sydney-Batam, jaringan yang dipersiapakan untuk memback up jaringan telekomunikasi pelaksanaan PON merupakan infrastruktur jaringan internasional.

“Ini kesiapannya sudah siap 100 persen, yang disiapkan untuk mencover transmisi dalam rangka penyelenggaraan PON dan aktivitas pemerintah serta masyarakat. Selain itu, saya juga memastikan pemanfaatan seluruh jaringan dan kapasistas terpasang yang tersedia dari sisi Kominfo yang mana semuanya sudah siap untuk memberikan dukungan dalam rangka penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI di Papua,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Sekda Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun menjelaskan atas nama Gubernur Papua dan masyarakat Papua, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny  Palte yang telah menyempatkan diri datang ke Papua.

“Kami harapkan melalui pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI di Papua, dapat memperkenalkan kepada Indonesia maupun kepada dunia bahwa Papua Torang Bisa, sesuai dengan selogan yang telah diberikan Gubernur Papua kepada kita,” terangnya. (ana/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *