Dukung PON XX, LMA Gelar  Ritual Adat

Ritual Adat secara Marind yang dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan PON  XX di Papua di gelar di  halaman GOR Hiad Sai Merauke, Kamis (23/9) kemarin.   (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Merauke menggelar prosesi  ritual adat di halaman GOR Hiad Sai Merauke, Kamis (24/9).  Wakil Ketua LMA Kabupaten Merauke Yohan Mahuze mengungkapkan bahwa ritual adat yang dilaksanakan ini sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021 di Papua khususnya Klaster Merauke.

  “Jadi ritual adat ini  sebagai dukungan pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Papua sekaligus  penyambutan Api PON XX tanggal 30 September besok,’’ kata  Johan Mahuze.

  Ritual adat ini juga, kata  Yohan Mahuze, sebagai bentuk terima kasih  kepada Presiden Jokowi  dan Pemerintah Indonesia yang mempercayakan Papua PON XX di tanah Papua. ‘’Itu yang pertama. Kami mendoakan untuk merubah stigma bahwa Papua begini dan begitu dan kami dari tempat ini menyatakan  bahwa Papua aman dan damai,’’ katanya.

   Kedua,  lanjut Yohan, pihaknya mendoakan  untuk semua atlet dalam perhelatan PON di tanah Papua, klaster  Merauke, Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Mimika dalam keadaan sehat dan aman. “Datang dalam keadaan sehat, dan kembali ke provinsi masing-masing sehat dan aman juga,’’ terangnya.

   Ketiga, sebut Yohan Mahuze,   mendoakan untuk atlet-atlet PON dari Provinsi Papua harus keluar sebagai atlet yang terbaik. ‘’Dulu atlet Papua cari emas, perak dan perunggu  di provinsi lain. Tapi, hari ini negara sudah bawa itu ke Papua. Kamu (atlet Papua) tanggungjawab untuk tahan semua medali itu di Papua. Kecuali tidak ada atlet Papua di setiap Cabor dan  medali kembali  tidak apa-apa. Kamu harus buktikan. Tidak usah cari medali di sana,’’ pungkasnya.

   Ritual adat ini disaksikan  oleh Wakil Ketua Panwasrah Kolonel Irfan, Kapolres Merauke  AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum, Ketua  Harian Subda PB PON Merauke Elianor Dumatubun. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *