9.371 Personel Gabungan Amankan PON Papua

Ka Ops Deraku Cartenz 2021 Brigjen Pol Suhendri memberikan arahan kepada anggota saat apel pengamanan PON di PTC, Kamis (23/9) kemarin. (Elfira/cepos)

Suasana dalam studio saat dialog interaktif

#Papua Damai, PON Sukses di Tengah Pandemi

JAYAPURA –  Dalam rangka menjaga Situasi Kamtibmas di Provinsi Papua tetap aman dan Kondusif, Bidang Humas Polda Papua menggelar Dialog Interaktif di Studio RRI Jayapura dengan topik “Papua Damai, PON Sukses di Tengah Pandemi Covid 19”, Kamis (23/9).

Hadiri sebagai narasumber, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, SH., Ketua Umum Aliansi Papua Penuh Damai (PAPEDA)/Pemerhati Kedamaian Yulianus Dwaa dan Tokoh Pemuda Papua Habelino Sawaki.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, kehadirian aparat keamanan untuk menjaga situasi kamtibmas di Papua tetap aman, nyaman dan kondusif dan berpikir bagaimana pihak pihak tidak berseteru yang akan mempengaruhi situasi kamtibmas dan pembanguna di Tanah Papua. Pada hakikatnya semua permasalahan dapat dibicarakan sehingga ketika ada suatu gejolak tidak menjadi sebuah masalah besar.

“Polri berharap solusi demi solusi akan terselesaikan, kita sudah membentuk tim guna menyelesaikan hal hal yang berkait dengan tatanan tatanan ketika pengadaan tanah, yang tidak Prosedural tentu setelah PON akan kita luruskan, tentang siapa berbuat apa ketika berkaitan dengan hukum kita akan proses,” terang Kamal.

Dijelaskan Kamal, pada penyelenggaraan PON XX ini Polri telah menyiapkan 9.371 personel yang dilibatkan pengamanan, yang awalnya 8000 ditambah lagi guna mensukseskan PON kali ini. Tentu Polri dan TNI akan selalu mengamankan penyelenggaraan PON XX sampai selesai.

“Kami dari Kepolisian dan TNI juga telah melakukan langkah-langkah untuk mendukung PON salah satunya adalah vaksinasi yang digelar di berbagai titik yang ada di empat Klaster PON XX, semua ini dilakukan agar masyarakat dapat mencapai hard humanity, sehingga penyelenggaraan pesta olahraga ini dapat berjalan aman tanpa lonjakan kasus Covid-19,” jelas Kamal.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Papua Habelino Sawaki mengatakan, damai ini menjadi penting ketika ada perhelatan PON, Covid-19, Karena aspek damai ini praktis tidak bisa kita lepaskan dari penyelenggaraan PON.

Bicara tentang Ulayat, dalam pembayaran harusnya dituntaskan diawal, bagaimana kita berbicara tentang PON dapat memberi dampak kepada masyarakat sedangkan yang punya tanah tidak ada dampak, kontraktor besar bukan Orang Papua, kelak aspek pengawasan stadion akan lebih mahal, selama ini yang kena getahnya Polri dan TNI.

“Mari kita bersama jaga Keamanan dan juga ketertiban masyarakat, persoalan bukan saja tugas dari Aparat Keamanan. Peran serta dari para Tokoh juga diperlukan sehingga perdamaian di tanah Papua ini dapat tercapai sehingga Kamtibmas di Papua selalu Kondusif,” jelasnya.

Mewakili seluruh tokoh Pemuda yang ada di Papua mengajak kepada warga masyarakat untuk dapat berperan serta dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan sekitar. “Saya juga mengajak kepada warga di Kota Jayapura untuk bersama-sama membantu pemerintah untuk Galakkan Vakisinasi untuk kesehatan dan juga untuk mensukseskan PON XX Papua tahun 2021,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Aliansi Papua Penuh Damai (PAPEDA) Yulianus Dwaa menyampaikan Ideologi itu diciptakan oleh manusia, tetapi manusia adalah ciptaan tuhan yang harus kita jaga dan saling menghormati.

“PON merupakan kegiatan besar yang melibatkan saudara saudara kita seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karenanya kita harus menjadi tuan rumah yang baik, dengan menyediakan tempat yang aman dan nyaman bagi mereka yang akan melaksanakan perlombaan di Papua,” jelasnya.

Ia meminta semua pihak harus berdamai dengan sesama kita, berdamai dengan yang datang ke Papua sehingga pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dapat berjalan dengan aman dan tertib.

“Kita sukseskan PON ini dengan bersama-sama kita masyarakat mengikuti Program pemerintah yakni Vaksinasi  karena kita masih di masa pandemi. Sehingga senantiasa pelaksanaan Vaksinasi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau Herd Imunnity,” terangnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *