Vaksin Merdeka Digelar Serentak di 96 Titik di Indonesia

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri foto bersama usai memantau vaksinasi di lapangan tenis Mapolda Papua. (Elfira/Cepos)

Seorang menjalani pemeriksaan tekanan darah sebelum divaksinasi di Mapolda Papua, Rabu (22/9). (Elfira/Cepos)

#Kapolda Papua Tinjau Vaksinasi Merdeka di Lapangan Tenis Mapolda Papua
JAYAPURA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, SIK., menghadiri kegiatan vaksinasi Merdeka di Kota Jayapura yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Mapolda Papua, Rabu (22/9)
Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Papua didampingi Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.IK,  Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH dan Kabid Dokkes Polda Papua Kombes pol dr. Nariyana, M. Kes.
Saat peninjauan vaksinasi merdeka yang dilaksanakan oleh Polda Papua, Kapolda Papua didampingi Pejabat Utama juga menyaksikan secara virtual Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyapa di beberapa daerah se Indonesia yang sedang melaksanakan kegiatan vaksinasi merdeka serentak di 96 titik di seluruh Indonesia.
Presiden Jokowi menyampaikan, gerakan vaksinasi merdeka serentak se-Indonesia yang digelar Rabu (22/9) akan dilaksanakan penyuntikan vaksinasi sebanyak 253.000 dosis vaksin. Jokowi berharap vaksinasi serentak ini sebagai upaya percepatan proses vaksinasi di Indonesia. Ia juga mengingatkan untuk terus menjaga dan memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan.
“Kuncinya hanya dua ini dan pas kondisi turun inilah kesempatan kita untuk terus menekan angka kasus penyebaran Covid-19. Ini bisa kita kendalikan, ingatkan masyarakat utamanya menyerukan masker,” kata Jokowi dalam arahannya.
Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, SIK., mengaku optimis pada akhir September 2021, capaian vaksinasi di seluruh klaster PON akan mencapai 70 persen. “Kita percaya, minggu ini semua bisa 65 persen, lalu akhir bulan sudah tembus 70 persen,” terang Kapolda.
Khusus untuk Kabupaten Jayapura, sempat terjadi kesalahan pada pemasukan data vaksinasi sehingga angkanya cukup tertinggal dari kabupaten lainnya. Selama ini tim vaksinasi yang turun ke Kabupaten Jayapura, memasukan data vaksinasi ke Kota Jayapura sehingga capaian di wilayah tersebut tergolong stagnan.
“Sebenarnya Kabupaten Jayapura sudah bisa mencapai 60 persen, hanya saja sempat ada salah input data. Jadi ada data yang diambil dari Biddokes, Kodam dari  kabupaten itu dimasukkan ke dalam datanya Kota Jayapura, kan kita lakukan gebyar vaksin ke mana-mana. Saya sudah minta kalau itu data Sentani masukan ke Sentani supaya bisa sama-sama naik,” terangnya.
Dikatakan, tim dari Polda Papua akan menggenjot vaksinasi di beberapa distrik di Kabupaten Jayapura, yang letaknya cukup dekat dengan venue PON. Nanti tim dari Biddokes akan geser ke Depapre, Nimbokrang, Genyem yang merupakan distrik-distrik yang paling dekat ke venue. Sementara untuk kampung-kampung yang ada di Danau Sentani diserahkan ke Polres Jayapura.
“Dalam pelaksanaan PON, kami akan membentuk gerai vaksin di venue PON. Dari Mabes Polri akan memperkuat kami dengan tim dokter dan tenaga kesehatan, sehingga masyarakat yang mau nonton tapi belum vaksin dia bisa vaksin dulu,” kata Kapolda Mathius Fakhiri.
Sementara itu, Ipda Ari Susanto AMK selaku Katim 2 dalam mengatakan, saat melaksanakan kegiatan Gebyar Vaksinasi Merdeka di Lapangan Tenis Mapolda Papua telah menyiapkan 300 dosis.
Dengan sasaran pelaksanaan vaksin ini yaitu masyarakat umum bagi yang belum melaksanakan vaksinasi baik itu vaksinasi pertama maupun vaksinasi kedua. Tujuan pelaksanaan vaksinasi yaitu membantu program Pemerintah dalam percepatan vaksinasi, serta untuk menyambut pelaksanaan PON XX 2021 di Papua yang sebentar lagi akan dilaksankana.
“Kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura yang belum melaksanakan vaksin, ayo kita vaksin. Karena dengan vaksin dapat membantu kita agar tidak terkena Covid-19, karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat,” ajaknya.
Ia mengimbau masyarakat Papua jangan takut ataupun ragu untuk melaksanakan vaksin, silahkan yang belum melaksanakan vaksin dapat mendatangi Gerai-gerai vaskin kami yang dibuka setiap hari di titik-titik tertentu.
Sementara itu, salah satu warga peserta vaksin Brayen Robson menyampaikan, kegiatan vaksin seperti ini sangat baik karena vaksinasi ini sangat berguna untuk kesehatan kita semua dan dapat mencegah kita dari virus Covid-19. Sehingga kita dapat selalu sehat guna untuk menjalani kehidupan sehari-hari kita.
“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar jangan takut untuk melaksanakan vaksin, karena vaksin tidak mempunyai dampak negatif untuk kesehatan tubuh kita. Saya sudah melaksanakan vaksin hari ini dan saya tetap aman dan sehat,” ucapnya.
Untuk diketahui, hari ini gerai – gerai vaksin disiapkan di beberapa titik di antaranya Kampung Ifale Danau Sentani, Gereja GPDI Parakletos Angkasa, Perumahan Grand Royal Recidence Koya Barat, Terminal Baru Entrop, Kantor Kelurahan Waena, IAN Fattahul Muluk Buper Waena, Masjid Nurul Huda, Perbelanjaan Mega Waena, Saga Mall Abepura, Pasar Youtefa Abepura, Lapangan Hitam PTC Entrop, Kompleks SMA 45 Entrop, Kampung Weref, Mall Jayapura, Saga Dok IX dan Rusun Pasar Inpres Dok IX Jayapura. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *