Sukseskan Kirab Api PON XX, 250 Aparat Keamanan Disiapkan

Kapolres Biak Numfor AKBP Adi Tri Widiyanto, SH.,SIK yang memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan di Lapangan Upacara Bayangkara, Rabu (22/9) kemarin. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Penyambutan Kirab Api PON XX di Kabupaten Biak Numfor secara keseluruhan telah dipersiapkan. Setelah Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menyatakan siap menyambut Kirab Api PON XX, maka kini dari pihak keamanan juga telah menyatakan kesiapannya setelah menggelar apel gelar pasukan pengamanan di Lapangan Upacara Bayangkara Polres Biak Numfor, Rabu (22/9) kemarin.
Kapolres Biak Numfor AKBP Adi Tri Widiyanto, SH, SIK yang memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan mengatakan, pada dasarnya pihaknya siap mengamankan suksesnya penyambutan Kirab Api PON XX. Bahkan menurutnya, untuk melakukan pengamanan maka ada 250 personel aparat keamanan yang akan diterjunkan langsung ke lokasi, dari jumlah sebanyak itu sudah termasuk anggota TNI.
Adapun ke-250 personel yang akan melakukan pengamanan mulai dari penjemputan Kirab Api PON hingga diberangkatkan kembali menuju Kota Timika, masing-masing 170 personel dari Polres Biak Numfor, 30 personel dari Brimob dan 50 personel dari Kodim 1708/BN.
“Apel gelar pasukan untuk pengamanan ini adalah bagian dari kesiapan aparat keamanan dalam mendukung suksesnya pelaksanaan PON XX di Papua, secara khusus untuk pengamanan penyambutan Kirab Api PON XX yang akan tiba di Biak. Jadi intinya kami siap melakukan pengamanan dan mendukung suksesnya PON XX di Tanah Papua,” ujarnya.
Sementara itu Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Lot Lois Yensenem, SE.,M.Si yang hadir langsung dalam apel gelar pasukan pengaman itu mengatakan, bahwa pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor telah melakukan persiapan dalam mendukung suksesnya peyambutan Kirab Api PON XX yang akan tiba di Biak pekan depan. Bahkan menurutnya, rapat-rapat koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara dari Provinsi Papua terkait dengan Kirab Api PON yang akan tiba di Biak sudah dilakukan.
“Intinya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor telah siap melakukan penyambutan Kirab Api PON, koordinasi dengan semua pihak terkait terus dilakukan dan harapan pemerintah mari kita semua mendukung pesta atau iven nasional yang diselenggarakan di Provinsi Papua ini,” pungkas Lot Yensenem yang juga menghadiri langsung apel gelar pasukan pengamanan Kirab Api PON XX di Mapolres Biak Numfor kemarin.
Sekedar diketahui, bahwa Kirab Api PON XX rencananyaakan tiba di Kota Biak tanggal 27 September 2021, Senin pekan depan. Kabupaten Biak Numfor adalah kabupaten yang pertama kali dilalui Kirab Api PON di wilayah Provinsi Papua setelah nantinya akan dibawa dari Kota Sorong. Dari Biak Kirab Api PON itu selanjutnya akan dibawa ke Kota Mimika tanggal 28 September 2021.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *