Sejumlah Spot Wisata Siap Jamu Tamu PON

Spot wisata Bukit Tungku Wiri Sentani, salah satu spot wisata unggulan yang disiapkan sebagai destinasi wisata bagi para tamu dan atlet PON Papua. Foto ini diambil, Selasa, (21/9). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Sejumlah daerah potensi wisata di Kabupaten Jayapura telah disiapkan sebagai tempat destinasi wisata bagi para atlet maupun tamu PON yang ikut dalam kontingen peserta PON Papua, Tahun 2021.

“Daerah wisata di Kabupaten Jayapura cukup banyak dan sudah kita siapkan sebagai tempat rekreasi bagi seluruh peserta PON,” ujar Koordinator Bidang Sosial Budaya, Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo, Selasa, (21/9)

Di Kabupaten Jayapura yang layak dikunjungi sebagai tempat objek wisata sebenarnya cukup banyak. Namun baru sebagian saja yang ditunjang dengan sarana transportasi, baik melalui jalur darat maupun danau. Namun semua potensi wisata yang ada di Kabupaten Jayapura itu mempunyai daya tarik tersendiri.

Sebagian destinasi wisata unggulan yang sudah siap seperti di Yokiwa dan Puay, terdapat jembatan tracking panjang di atas danau, kemudian ada juga wahana arum jeram. Selain itu, ada wisata danau love, wisata kampung Yoboi. Akses ke sejumlah tempat wisata ini lebih mengandalkan  transportasi danau, baik speedboad dan juga kapal yang sudah disiapkan oleh pemerintah.  Sementara itu ada juga sejumlah tempat wisata menarik lainnya seperti Bukit Tungkuwiri yang menawarkan panorama alam yang indah dari atas ketinggian.

“Ada banyak spot wisata, yang disebutkan itu ada di sekitar wilayah Kota Sentani,.  Jadi tempat wisata yang kita promosikan ini selain menampilkan potensi alam yang luar biasa, tapi juga ada kuliner, souvenir yang disediakan oleh masyarakat lokal, termasuk tarian, budaya dan adat istiadat mereka,”ujarnya.

Selain itu, di wilayah Sentani bagian Barat juga  memiliki beberapa tempat wisata, ada restoran apung milik masyarakat.  Tidak hanya itu, ada banyak potensi wisata alam lainya yang ada di Kabupaten Jayapura.  Seperti tempat pemantauan burung Cenderwasih di kaki gunung Cycloop di wilayah Depapre dan sekitarnya. Ada juga taman bawah laut, spot diving di Pantai Tablasupa.

“Sebenarnya kalau mereka agak lama di sini, ada banyak sekali tempat wisata alam yang kita miliki,” ungkapnya. (roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *