Puluhan Sopir Truk Minta Disiapkan Lahan Parkir

Para sopir truk di Wamena yang mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Jayawijaya. (Denny/Cepos)

 

WAMENA-Puluhan sopir truk yang ada di Wamena meminta Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk menyiapkan lahan parkir bagi mereka. Sebab selama ini mereka hanya memarkirkan kendaraannya di ujung Ruas Jalan Thamrin. Hal ini disampaikan saat melakukan pertemuan dengan Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Jayawijaya.

Dalam pertemuan itu, para sopir truk ini menyatakan alasan mereka untuk meminta lahan parkiran. Sebab selama ini, mereka membayar pajak kendaraan untuk Pemerintah Jayawijaya, namun fasilitas untuk parkiran truk ini tidak ada bagi mereka
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Basni mengungkapkan pertemuan dengan sopir-sopir truk usai pihaknya mengeluarkan surat edaran Bupati, agar sopir truk  melakukan kewajibannya uji berkala truk -truk yang ada di Wamena, sehingga apa yang belum dipahami   akan dijelaskan kepada mereka terkait dengan syarat uji berkala.

“Mereka ternyata ada yang belum paham soal uji berkala, sehingga kami memberikan pemahaman kepada mereka, dan mereka akan menyampaikan kepada majikannya yang melakukan uji kelayakan, karena ini partisipasi mereka kepada pemerintah daerah sehingga wajib melaksanakan itu,”ungkapnya Selasa (21/9) kemarin.

Soal permintaan lokasi parkir truk itu, menurut Basni,  merupakan hal yang umum terhadap semua angkutan umum yang ada di Jayawijaya, maupun yang lintas kabupaten.Diakui bahwa lahan parkir atau terminal untuk kendaraan angkutan umum sangat terbatas di Wamena.

“Untuk truk sendiri, tidak pernah kita temukan dimanapun yang namanya terminal truk, karena kendaraan ini sering digunakan untuk bongkar muat , memang ada oknum anak daerah meminta lahan parkir untuk truk namun ini belum bisa kita realisasi.”bebernya.

Kata Basni, para sopir truk ini juga berdalih pernah dijanjikan lahan parkir dari pemerintah daerah tetapi sampai saat ini belum bisa terakomodir. Alasan lain yang mereka sampaikan selama ini mereka parkir di ujung ruas jalan Thamrin  di depan pekarangan orang sehingga sering mendapat teguran  dari warga sekitar.

“Dari sisi yang kami lihat parkiran yang sekarang digunakan di ujung jalan Thamrin Wamena sebenarnya masih bisa digunakan, hanya saja yang penting diparkir dengan teratur dan satu arah, mungkin yang menjadi lahan parkir sebelah kiri jalan saja,”katanya. (Jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *