Sebagai Tuan Rumah, Kita Harus Juara

Yunus Wonda. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 Papua akan menjadi kesempatan besar bagi kontingen Papua dalam memperbaiki peringkat selama keikutsertaannya dalam ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Pada ajang PON edisi terakhir di Jawa Barat, PON XIX 2016, Papua sukses meraih 19 medali emas, 17 medali perak dan 32 medali perunggu. Dengan hasil perolehan medali tersebut, kontingen Papua pun bertengger pada peringkat ke-tujuh klasemen akhir.

PON XX, bertindak sebagai tuan rumah, Papua memiliki kesempatan untuk turun pada seluruh nomor yang akan dipertandingkan. Pemerintah Papua melalui KONI Papua sudah menyiapkan 945 atlet handalnya yang akan turun di seluruh nomor yang akan dipertandingkan dari 37 cabang olahraga.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe menegaskan bahwa Papua harus melampaui perolehan medali emas PON XIX Jawa Barat. Bahkan orang nomor satu di Bumi Cenderawasih itu berharap agar Papua bisa bertengger pada lima besar perolehan medali emas.

Senada dengan itu, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda juga berharap agar para atlet yang sudah melakukan pemusatan latihan selama dua tahun ini bisa memberikan sebuah kado terindah bagi masyarakat Papua, termasuk mewujudkan apa yang sudah ditargetkan oleh Gubernur Papua.

“Kepada seluruh kontingen Papua, mau itu hujan atau badai, sebagai tuan rumah dia harus pastikan bahwa dia harus juara dan dia harus menang,” ungkap Yunus Wonda kepada Cenderawasih Pos belum lama ini di Kota Jayapura.

Apalagi menurut Yunus Wonda, Pemerintah Papua sudah mengeluarkan uang yang cukup besar dalam menyiapkan pelaksanaan PON di Papua, termasuk membangun venue-venue pertandingan. Ia juga berharap agar seluruh masyarakat Papua turut mendukung suksesnya PON di tanah Papua.

“Sebab itu saya tegaskan kepada seluruh kontingen Papua, apapun situasinya, tidak perlu kita salahkan pelatih, mari kita pastikan PON di tanah sendiri dan kita tidak mau malu. Dengan itu harus punya semangat dan usaha,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *