Nasib Ribuan Relawan PON Belum Jelas

Ratusan relawan PON saat mendaftarkan diri di sub Klaster Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu. Hingga saat ini nasih mereka belum jelas. (Robert Mboik Cepos)

*Masih Tunggu Petunjuk dari PB PON Papua*

SENTANI-3000 voluntir atau relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) telah direkrut oleh sub PB PON Kabupaten Jayapura. Namun nasib dan masa depan mereka untuk terlibat di PON nanti, hingga saat ini belum jelas. Sub PB PON Kabupaten Jayapura masih menunggu surat petunjuk dari PB PON Papua terkait pembiayaan atau honor para tenaga relawan itu.
“Relawan yang kita rekrut ini akan dibiayai oleh PB PON Papua, karena itu, kita masih menunggu petunjuk dari PB PON Papua, ” kata koordinator bidang SDM sub PB PON Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay saat diwawancarai wartawan di Sentani, Rabu, (15/9).
Ted mengaku, masih kuatir soal biaya atau honor dari para relawan ini, apabila pihaknya sudah memakai jasa dari ribuan relawan ini. Karena itu, pihaknya meminta kepada PB PON Papua supaya segera memberikan legitimasi melalui surat resmi sehingga hal itu akan menjadi dasar bagi sub PB PON Kabupaten Jayapura untuk mempekerjakan mereka.
“Kita rekrut, kita bagi, terus siapa yang mau bayar, makanya kita menunggu kepastian dari PB PON Papua,” bebernya.
Karena itu, dia meminta agar bagian ini tidak saja dibicarakan melalui telepon, tetapi harus ada dasar melalui surat resmi terkait penggunaan jasa dari para relawan PON ini.
“Tidak bisa bicara di telepon, kita butuh surat supaya kalau ada persoalan di kemudian hari, akan kami tunjukkan, ini suratnya, ini dasarnya,”ujarnya.
Menurutnya, data terbaru tenaga relawan yang berhasil direkrut pihaknya sebanyak 3.651, ada perbedaan data yang ada di Polres Jayapura sebanyak 3.652 tenaga relawan.
Dia mengaku, sebagian tenaga relawan ini sudah bekerja di sub Klaster Kabupaten Jayapura dan itu tersebar di beberapa bidang.
Sebagaimana diketahui, para relawan ini direkrut untuk menunjang beberapa kegiatan terkait penyelenggaraan PON di Kabupaten Jayapura.
Perekrutan relawan ini dilakukan oleh sub PB PON Kabupaten Jayapura, sementara honor mereka menjadi tanggung jawab PB PON Papua.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *