Doren: Peparnas Juga Harga Diri Masyarakat Papua

Doren Wakerkwa. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 merupakan dua agenda olahraga nasional negara yang tidak terpisahkan. Kedua event tersebut sama-sama dipayungi oleh Instruksi Presiden (Inpres).

PON XX akan lebih dulu digelar pada 2-10 Oktober, namun pertandingan akan mendahului pada 22 September 2021. Sementara Peparnas XVI baru akan digelar pada 2-15 November atau 17 hari pasca PON.

Jika PON XX mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan empat kluster penyelenggara, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Sementara Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 12 cabang olahraga di dua zona wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ketua Harian PB Peparnas Papua, Doren Wakerkwa menegaskan bahwa dua agenda tersebut harus sama-sama sukses di Tanah Papua. Menurutnya, PON dan Peparnas merupakan harga diri orang Papua yang wajib disukseskan.

“Karena Peparnas ini diselenggarakan di Papua dan setara dengan PON, dan kami harap dukungan masyarakat Papua agar Peparnas didukung dengan penuh dan Peparnas benar-benar bisa berjalan sukses,” ungkap Doren kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Hotel Horison Kotaraja, Jayapura, Selasa (14/9).

“Saya juga berharap mendukung seluruh panitia untuk suksesnya Peparnas pada bulan November dan Peparnas juga merupakan harga diri orang Papua,” ujar Doren.

Doren menyebutkan, bila PON tetap dilaksanakan sesuai jadwal, maka sama hal dengan Peparnas juga akan digelar sesuai jadwal.

Apalagi menurut Doren, persiapan PB Peparnas hingga saat ini sudah mencapai 78 persen dan tinggal menunggu kedatangan peralatan pertandingan yang kini sedang dalam proses pengiriman ke Papua.

“Pasti Peparnas tetap kita laksanakan pada 2-15 November, jadi karena Peparnas sepaket dengan PON, dan jika PON berjalan maka Peparnas juga akan berjalan, PON akan dulu dilaksanakan kemudian menyusul Peparnas,” tutup Doren. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *