Dinas PUPR Papua Diapreasiasi Pemerintah Pusat

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Gerius One Yoman, saat meninjau Stadion Mandala Jayapura, Rabu (15/9) kemarin. (Gratianus Silas/cepos)

*Stadion Mandala Dapat Penilaian Positif yang Maksimal
JAYAPURA-Stadion Mandala mendapat penilaian positif yang maksimal dari tim penilai Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua, Gerius One Yoman, usai meninjau langsung Stadion Mandala, Rabu (15/9) kemarin.
Hal ini menurut Gerius, tak lepas dari kinerja Dinas PUPR Provinsi Papua dalam merenovasi Stadion Mandala. Mulai dari rumput stadion, listrik, termasuk lampu penerangan, air bersih, serta fasilitas pendukung lainnya, dalam hal ini bangku tribun dan pengecatan dinding hingga pagar.
“Untuk persiapan PON, kami dari Dinas PUPR Provinsi Papua tergabung di bidang IV PB PON. Dalam pembangunan infrastruktur, Stadion Mandala sudah kami selesaikan 100 persen, mulai dari rumput, instalasi listrik, lampu, bangku tribun, hingga semua fasilitas pendukungnya,” ungkap Girius One Yoman kepada Cenderawasih Pos, Rabu (15/9).
Termasuk pula pembangunan Wisma Atlet berstandar internasional yang beberapa waktu lalu diresmikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH.
“Oleh karenanya, tim penilaian dari Kementerian PUPR dan Kemendagri, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan penilaian 100. Nilai positif dari apa yang kita kerjakan, termasuk Wisma Atlet yang dibangun berstandar internasional,” jelasnya.
Selaku pimpinan Dinas PUPR Provinsi Papua, Gerius mengaku sangat mengapresiasi penilaian yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut. Menurutnya, sekalipun banyak keterbatasan dalam pekerjaan pembangunan yang dilakukan, namun, hasilnya memuaskan.
Dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, khususnya di sub klaster Kota Jayapura, Stadion Mandala merupakan venue yang diperuntukkan pertandingan cabang olahraga sepak bola.
“Harapan kami, kontingen Papua bisa meraih medali emas di venue ini (Stadion Mandala). Artinya, sudah menjadi tugas kami untuk menyiapkan sarana, prasarana, dan fasilitas olahraga bagi masyarakat. Namun, dari hati kecil kami sangat berharap anak-anak kami bisa berprestasi, bisa meraih medali emas,” tambahnya.
Yang disampaikan Gerius sejatinya menegaskan apa yang sebelumnya disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., yang mendorong anak-anak muda Papua, para atlet potensial Papua untuk berprestasi di bidang olahraga, terlebih dengan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah.
Bahkan Gubernur Enembe menekankan bahwa Papua ditetapkan sebagai provinsi olahraga dan seni budaya. Pasalnya, olahraga dan seni budaya dinilai sebagai identitas dan bagian dari harga diri orang Papua.
“Kita tetapkan Papua sebagai provinsi olahraga. Olahraga dan seni budaya merupakan harga diri dan martabat orang Papua. Kalau bicara olahraga, bicara kesenian, itu harga diri orang Papua. Ini menjadi cikal-bakal provinsi olahraga dan provinsi seni budaya. Kami mau seperti itu,” tekan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH. (gr/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *