Agendakan Aksi Donor Darah dan Vaksinasi Massal

Suasana pelaksanaan donor darah di Markas PMI Papua, Rabu (15/9) kemarin. (Gratianus silas/cepos)

*Dukung Kegiatan HUT ke-76 PMI, Pangdam XVII/Cenderawasih Ikut Mendonorkan Darahnya
JAYAPURA- Dalam rangka HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76 yang jatuh pada 17 September mendatang, PMI Provinsi Papua melakukan aksi donor darah yang dilakukan di Markas PMI Papua, Dok V Atas, Jayapura Utara, Rabu (15/9) kemarin.
“Pelaksanaan aksi donor darah yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari program kerja panitia HUT PMI ke-76 tahun 2021 di Papua,” jelas Ketua Harian PMI Papua, Zackheus Degei, kepada Cenderawasih Pos, Rabu (15/9) kemarin.
Demikian, terdapat dua agenda yang disiapkan PMI Papua dalam perayaan HUT PMI, yakni aksi donor darah, serta vaksinasi massal pada 17 September mendatang, bertempat di Hotel Mercure Jayapura.
“Oleh karenanya, PMI ikut ambil peran dan kontribusi. Kami juga kerja sama dengan semua pihak yang berperan mendonorkan darahnya, seperti halnya Kodam XVII/Cenderawasih yang dipimpin Pangdam XVII/Cendererawasih yang sudah datang mendonorkan darahnya.
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mendukung kegiatan yang dicanangkan oleh PMI Provinsi Papua. Ia mengimbau masyarakat Papua untuk turut serta secara sukarela mendonorkan darahnya di kantor PMI di wilayahnya masing-masing, sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap sesama dan ikut mensukseskan PON XX, serta dalam rangka mendukung ketersediaan stok darah untuk PON XX.
Setelah mendonorkan darahnya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono langsung meninjau serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Tembak Perbakin Distrik Abepura. “Kegiatan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Perbakin dan Kodam XVII Cenderawasih bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah Jayapura dan dalam rangka mensukseskan PON XX,” terang Pangdam.
Lebih lanjut Pangdam juga menjelaskan bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Jayapura, namun juga di beberapa wilayah seperti di Kabupaten Keerom yang saat ini juga masih berlangsung kegiatan vaksinasi. “Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi tersebut kita terapkan strategi jemput bola ke desa-desa dan kampung-kampung agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan vaksinasi. Diharapkan prosentase cakupan vaksinasi dapat mencapai 75% di Provinsi Papua,” jelas Pangdam.(gr/fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *