Pemuda Papua Siap Sukseskan PON Papua 

Foto bersama Ketua Umum DPP KNPI Pusat  Noer Fajriansyah bersama rombongan dengan Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzales Wanimbo, Sekda Mimika yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten Mimika, Michael Gomar, pimpinan OKP dan OKPI Cipayung dan Ketua-ketua DPD KNPI se-Provinsi Papua dari 29 kabupaten dan satu kota di Hotel Horison Diana, Kabupaten Mimiki,  Senin (13/9). (Noel/Cepos)

*KNPI Papua Gelar Rapimpurda di Timika

JAYAPURA-Untuk mewujudkan agenda organisasi sesuai anggaran dasar rumah tangga (ADRT), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua menggelar Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) ke XV di Timika, Kabupaten Mimika.

Kegiatan yang digelar dengan protokoler kesehatan ketat tersebut berlangsung dari tangal 13 hingga 15 Sepetember, di Hotel Horison Diana dengan mengusung tema Satukan Pemuda Sukseskan PON XX 2021.

Acara itu cukup spesial karena dihadiri Ketua Umum DPP KNPI, Noer Fajriansyah bersama rombongan, Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzales Wanimbo, Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten Mimika, Michael Gomar, pimpinan OKP, dan OKPI Cipayung, dan -ketua DPD KNPI se-Provinsi Papua dari 29 kabupaten dan satu kota.

Ketua Panitia, Husni Difinubun dalam laporannya menyampaikan, tujuan Rapimpurda untuk menetapkan agenda Musyawarah Daerah DPD KNPI ke XV.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Bupati Mimika, Ketua DPD KNPI yang telah mempercayakan saya sebagai ketua panitia dan juga semua panitia yang sudah bekerja keras,” katanya.

Husni Difinubun mengatakan, mengacu pada visi misi ketua DPD KNPI Provinsi Papua Alberto Gonzales Wanimbo, maka kegiatan akan berfokus kepada persatuan pemuda dalam menyukseskan Pon 2020.

“Temanya itu Satukan Pemuda Sukseskan PON XX  Tahun 2020. Karena, Ketua DPD KNPI Papua sendiri sebagai ketua Bidang SDM  PB PON. Dengan ketua terlibat langsung di PON maka kita semua komit dukung PON dan buktikan bahwa Papua juga bisa dan juga juara,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzales Wanimbo mengatakan Rapimpurda merupakan hajatan organisasi yang harus dilaksanakan untuk bisa menyuksekan rapat musyawarah daerah mulai dari tanggal hingga tempat kegiatan.

“Harapan kami OKP berbasis kekayaan dan agamais dapat mendaftarkan diri untuk diregistrasi. Organisasi kepemudaan yang baru juga bisa bergabung untuk jadi peserta Musda dengan status peninjau,” katanya.

Albertho juga menyampaikan bahawa di masa kepemimpinannya, pihaknya  telah memperjuangkan adanya kantor KNPI Papuan yang baru, sebagai rumah besar pemuda di Provinsi Papua dengan kemegahan yakni tujuh lantai yang akan dibangun Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Kami akan memiliki gedung KNPI dengan 7 lantai di Jayapura. Harapan kami rumah besar pemuda ini bisa menjadi rumah besar untuk pemuda bisa berkolaborasi kreasi. Harapan kami, semua OKP belum punya sekretariat bisa semua bergabung di sana dan bisa bersama-sama menyatukan pikiran membangun  dan juga memberikan saran dan masukan bagi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembinaan kemasyarakatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Kabupaten Mimika, Michael Gomar dalam sambutannya mengatakan, DPD KNPI Mimika mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesempatan yang diberikan sehingga Mimika menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapimpurda.

“Saya kira kesempatan dan kepercayaan ini sudah melalui pertimbangan yang matang sehingga Kabupaten Mimika mendapat kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan Rapimpurda di Papua secara khusus di Mimika, kami berterima kasih,” tuturnya.

Michael Gomar mengatakan, pemuda saat ini adalah pemimpin masa depan. Semua harus bersatu untuk bangun Papua dan dukung PON hingga sukses.

“Pemuda di Papua harus bisa mengembangkan kreatifitas,  berinofasi  dan ikuti perubahan yang ada. Kita harus lebih berinovasi, berkarya membuat kegiatan dengan mendukung  pemerintah dan  pemuda yang dapat mendukung semua pihak. Serta membantu memberikan kritikan konstruktif demi kemajuan daerah dan bangsa kita ini,” tambahnya.

Adapun Ketua Umum DPP KNPI  Noer Fajriansyah yang juga hadir membuka kegiatan itu dalam sambutannya berpesan KNPI harus bisa menyukseskan Rapimpurda dan Musda XV serta berjalan sukses dan aman.

“Minimal bisa menentukan ketua KNPI yang mampu memimpin KNPI ke depan. Kita juga harus mendukung. Kami juga berpesa agar pemuda di Papua harus sukseskan vaksin, gandeng TNI-Polri. Karena TNI-Polri juga butuh sinergi dari KNPI. Apalagi saat ini Ketua KNPI sebagai Koordinator Bidang SDM, maka rangkul semua pemuda di OKP agar mereka bisa banyak belajar tentang kehidupan,” pintanya.

la juga berpesan, jangan sampai menyukseskan pemilihan ketua KNPI daerah hanya karena  faktor uang tapi lebih ke faktor pertemanan dan kualitas dia memimpin pemuda.

“Komitmen pertemanan harus ada. Karena kalau kalah menang, miskin atau kaya pasti akan loyal dan Insya Allah rejeki tidak ke mana. Saya harap kedepannya Papua punya visi misi besar. Harus menunjukan yang baik. tanpa adanya komitmen pertemanan tidak akan bisa, mari kita juga berperan dalam mensuskeskan PON XX Papua 2021,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Noer Fajriansyah memberikan apresiasi kepada ketua KNPI Provinsi Papua Alberto Wanimbo yang memimpin KNPI dan menjalankan time schedule organisasi dengan baik dan bisa menghadirkan gedung 7 lantai bagi pemuda untuk digunakan bersama.

“Maksimal bisa menentukan pemimpin yang bisa melebihi dari ketua KNPI sekarang. Saya apresiasi yang sudah menjalankan agenda organisasi tepat waktu dan bisa menghadirkan gedung 7 lantai bagi pemuda Papua ini merupakan kebanggaan bagi pemuda,” tutupnya.(oel/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *