Yayasan Petra Baliem Siapkan Tenaga Petani Modern

Pelantikan Pejabat Struktural Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Petra Baliem Wamena, Senin (13/9) kemarin. (Denny/ Cepos )

WAMENA- Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, SH, MHum mengungkapkan bahwa Yayasan Petra Baliem telah membentuk generasi muda yang ada di Jayawijaya dalam bidang pertanian. Hal ini tidak lepas dari budaya perkebunan yang pada umumnya di wilayah Lapago dan khususnya di Jayawijaya, sehingga ilmu yang didapatkan bisa dibawa dan diterapkan kepada masyarakat di Kampung.
“Sekolah ini menyiapkan kader-kader petani modern agar kembali ke masyarakat dan memberdayakan masyarakat yang sudah sejak turun temurun sudah ada budaya untuk berkebun. Sehingga kami dari pemerintah berharap Petra baliem bisa menyiapkan ini,”ungkap Wabup Marthin Yogobi saat Pelantikan Pejabat Stuktural Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Petra Baliem Wamena, Senin (13/9) kemarin.
Ia menyatakan ilmu yang mahasiswa dapatkan, mereka bisa bawa ke kampung bisa melatih dan mengajak masyarakat, mungkin selama ini masyarakat bertani secara trasdisional bisa bertransformasi lagi lebih canggih untuk mendapatkan hasil pertanian yang lebih bagus,
Di tempat yang sama Sekretaris Yayasan Petra Baliem Benny Rumbiak menyatakan apa yang disampaikan oleh pemerintah melalui wakil bupati benar, dimana sekolah ini selalu menyiapkan kaderisasi bagi mahasiswa khususnya di bidang pertanian, yakni lewat dua jurusan Agroteknologi dan Agrobisnis.
“Masyarakat disini tidak lepas dari budaya berkebun karena berkebun itu adalah kehidupan, kami sebenarnya mengharapkan kehadiran pemerintah bisa melihat yayasan Petra Baliem ini, meskipun ini masih yayasan swasta dan beberapa donatur itu dihadirkan agar pemerintah bisa lihat dengan harapan ada perhatian sedikit dari Pemda Jayawijaya.”jelasnya. (jo/tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *