Bank Papua Raih Penghargaan Top BUMD Awards 2021

Foto 1: Direktur Utama Bank Papua F Zendrato saat menerima penghargaan Top BUMD Awards dengan predikat Bintang 4 (Sangat Baik), dan pemenang kategori Top CEO BUMD 2021, dalam ajang Top BUMD Awards 2021 di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (10/9). (Dok. Humas Bank Papua for Cepos)

Direktur Utama Bank Papua F Zendrato dengan dua trophy penghargaan dari ajang Top BUMD Awards 2021 di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (10/9).

 

Zendrato: Ini Jadi Semangat Untuk Terus Memajukan Bank Papua
JAKARTA-PT Bank Pembangunan Daerah Papua atau Bank Papua meraih penghargaan dalam kegiatan Top BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan oleh majalah Top Business (yang diterbitkan PT Madani Solusi Internasional), bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis lainnya.
Selain Bank Papua yang menjadi pemenang Top BUMD Awards dengan predikat Bintang 4 (Sangat Baik), Direktur Utama Bank Papua F Zendrato juga mendapat penghargaan sebagai pemenang kategori Top CEO BUMD 2021. Begitu juga dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH juga mendapat penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 202, Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH dinilai berperan peran dan kontribusi dalam membina dan mendukung BUMD.
Acara Puncak Penghargaan TOP BUMD Awards 2021 ini digelar dalam dua sesi, sore dan malam dengan menerapkan protokol kesehatan di Hotel Rafles, Jakarta, Jumat (10/9) pekan kemarin.
Bank Papua menjadi pemenang Top BUMD Awards dengan predikat Bintang 4 atau sangat baik. Dimana, penilaian ini didasarkan pertama pada pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemen baik dan relatif selaras dengan visi BUMD. Selain itu, telah melakukan inovasi/perbaikan yang didukung teknologi informasi.
Bank Papua juga dinilai memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di daerah.
Secara umum, kombinasi Pencapaian Kinerja, Upaya Perbaikan & Kontribusi BUMD, berpredikat sangat baik.
Penghargaan tersebut patut dan layak disyukuri serta dibanggakan, karena manajemen dan
perusahaan, berhasil menjadi Pemenang dari lebih 1.150 BUMD dari seluruh Indonesia dalam
kegiatan TOP BUMD Awards, yang merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan Award BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.
Direktur Utama Bank Papua F. Zendrato mengaku bersyukur dan menyambut baik kegiatan TOP BUMD Awards 2021 ini. Karena ini dapat memacu BUMD untuk terus meningkatkan kinerja, saling sinergi dan saling belajar dari pengalaman BUMD yang sukses.
Prestasi atau penghargaan ini, menurut Zendrato, juga bisa menjadi motivasi dan pendorong bagi Insan Bank Papua untuk terus meningkatkan kompetensi dan kinerja secara terus menerus agar Bank Papua menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi di Tanah Papua.
Penghargaan Top BUMD Awards 2021 ini, lanjut Zendrato, didedikasikan buat insan Bank Papua sebagai pengakuan pihak eksternal independen atas Transformasi, Kinerja, GCG, manajemen Risiko, pengembangan Sumber Daya Manusia, peran serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dalam masa sulit Pandemi covid-19, Digitalisasi/Tehnologi dan Perbaikan dan Inovasi tiada henti.
“Semuanya ini karena kerja cerdas, dukungan, semangat dan kerjasama Tim yang baik dari Insan Bank Papua dan seluruh Stakeholder Bank Papua.” ujar Zendrato dengan penuh rasa syukur.
Zendrato berharap semoga award atau penghargaan ini menjadi pendorong semangat, motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dalam memajukan Bank Papua secara terus menerus, dan mendukung Pengusaha UMKM sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Tanah Papua.
“Harapan Bank Papua dengan BUMD lainnya di Tanah Papua, agar kita saling bersinergi untuk meningkatkan Kinerja dan Layanan masing-masing BUMD dan membantu Pemda meningkatkan Ekonomi Rakyat.” pungkasnya.
Sementara itu dari pelaksanan acara, Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti selaku keynote speaker atau pembicara dalam acara tersebut menegaskan, pentingnya semua pihak mendukung BUMD. “BUMD memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan daerah,” kata Ketua DPD dalam sambutannya di ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 (Badan Usaha Milik Daerah) oleh Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, di Jakarta, Jumat (10/9).
Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. Untuk memenuhi Protokol Kesehatan, acara penghargaan yang dihadiri 600 peserta termasuk Kepala daerah dan TOP manajemen BUMD seluruh Indonesia ini, dibagi dalam 2 sesi, sore dan malam.
Peran BUMD diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, sebagai sumber pendapatan daerah, membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja, serta mengurangi pengangguran, dan ke- serta memenuhi dan memudahkan kebutuhan masyarakat.
Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD, dalam sambutannya yang mewakili Wakil Presiden RI. Sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. “Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata Erick.
Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI M. Tito Karnavian dalam sambutannya, yang disampaikan oleh Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fathoni, menyambut baik kegiatan TOP BUMD Awards ini. Karena, melalui kegiatan ini, BUMD akan terus terpacu untuk meningkatkan kinerja dan layanannya. Jika BUMD-BUMD hebat terus berkembang di daerah, maka pemerataan dan percepatan pembangunan nasional, lebih mudah diwujudkan.
Tito juga menegaskan agar sinergi BUMD perlu dikembangkan secara maksimal. Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah. Mereka tidak perlu bersaing antar-sesama BUMD, namun justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lainnya.
Mendagri juga menekankan pentingnya peran kepala daerah untuk terus membina dan mengarahkan BUMD. Agar, BUMD terus meningkat kinerja dan layanannya untuk membangun daerah sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru.
Jika BUMD diintervensi secara tidak proporsional, maka akan menghambat pertumbuhan kinerja dan layanan BUMD. Intervensi, harus dilakukan secara positif, untuk mendukung BUMD.
Kemendagri pun mengapresiasi upaya pemda dan BUMD yang telah berupaya dengan cepat melakukan langkah mengatasi Covid-19. Upaya tersebut telah berlangsung dalam hal perlindungan ekonomi dan kesehatan. “Salah satu konsekuensi otda adalah tumbuhnya ekonomi daerah untuk layani publik. Dan dalam hal ini BUMD harus mampu melayani masyarakat,” kata Tito.
Penguatan ekonomi daerah melalui peningkatan kinerja dan layanan BUMD, perlu dijalankan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan.
Jika semua BUMD di Indonesia menjadi BUMD-BUMD hebat, insya Allah, permasalahan ekonomi negara, permasalahan kemiskinan di daerah, akan mudah diselesaikan oleh BUMD-BUMD tersebut, kata Wakil Gubernur Lemhanas, Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan, dalam sambutannya. Ia juga menegaskan, bahwa BUMD yang hebat, memiliki peran strategis dalam mendukung Ketahanan Nasional.
Sementara itu, M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021 memaparkan TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik, yang dinilai: (1) berkinerja baik, (2) banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan, dan telah (3) berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, (4) Memiliki Strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.
TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 12%, dibanding tahun 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44% dari tahun 2020.
Kegiatan TOP BUMD Awards, bukan hanya sekadar kegiatan pemberian penghargaan. Namun didalamnya, mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD peserta. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *