Bandara Sentani Terus Berbenah, Siap Dukung PON

Tampak Bandara Sentani yang ini dalam penataan menjelang PON. (Dok angkasapura I Sentani)

SENTANI-PT Angkasa Pura I (Persero) selaku operator Bandara Sentani, melakukan peningkatan pelayanan melalui pengembangan berbagai fasilitas pendukung di Bandara Sentani.
Humas Angkas Pura 1 Bandara Sentani Jayapura, Surya Eka mengatakan, Bandara Sentani merupakan bagian dari salah satu Bandar Udara yang menjadi kedatangan dan kepulangan peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua. Terkait itu, pihaknya saat ini sedang ada pekerjaan beutifikasi Bandara dan overlay runway.
Progress sampai dengan 12 September, pekerjaan beautifikasi Bandara Sentani sudah mencapai 83,40 persen. Pekerjaan Beautifikasi ditargetkan selesai pada akhir September 2021.
“Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan merenovasi interior seperti di area keberangkatan, check in, kedatangan, toilet dengan mengadopsi kearifan lokal dan motif ukir khas Sentani, ” ujar Surya Eka dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (13/9).
Dikatakan, selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landasan pacu (overlay runway) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus.
Kata dia, untuk menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani juga dibuat instalasi booth, maskot, branding gate keberangkatan dan kedatangan, wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan.
“Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller). Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang, ” tambahnya. (roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *