Kapasitas Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ditingkatkan

Para Pelaku usaha pariwisata dan pelaku usaha ekonomi kreatif saat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke, Jumat (10/9). (Sulo/Cepos )

MERAUKE-Untuk meningkatkan kapasistas para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dalam menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021 di Papua, Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke memberikan pelatihan.
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke Benhur Rentandatu, SE, mengungkapkan bahwa sasaran pihaknya lebih pada kesiapan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kapasitas mereka. Apalagi dengan adanya agenda Nasional yang sudah ada di depan mata yakni pelaksanaan PON XX.
“Tentu kita akan kedatangan ribuan orang ke Merauke dan itu menurut kami peluang bagi pelaku usaha pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif sehingga kita perlu menyiapkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dengan melakukan pelatihan seperti yang dilakukan dinas pariwisata saat ini,” kata Benhur, Jumat (10/9).
Para pelaku pariwisata dan pelaku usaha ekonomi kreatif benar-benar bisa memanfaatkan momentun PON ini untuk menjual hasil kreatifitas mereka. Pelaku usaha pariwisata diharapkan gencar mempromosikan pariwisata Merauke.
“Karena tamu ini ketika pulang ke daerahnya masing-masing supaya ada cerita bahwa Merauke itu indah, bagus dan punya obyek wisata menarik yang perlu dikunjungi. Karena kita memiliki keunikan berupa rumah sarang semut yang dalam bahasa Marind disebut Musamus yang tentunya tidak ditemukan di daerah lainnya di Indonesia selain ada di Merauke,” jelasnya.
Menurutnya, konsepnya sederhana. Bahwa ketika PON ini dilaksanakan bagaimana pelaku pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif mendapatkan impact positif terutama dalam rangka peningkatan kesejahtaraan.
“Karena kita hitung saja, kalau misalnya 2.000 orang datang dan setiap orang saja rata-rata belanja Rp 1 juta maka uang yang bisa beredar di Merauke sebesar Rp 2 miliar. Karena itu kita berusaha menunjukkan hasil dari kita Merauke. Kita harus bisa meyakinkan mereka agar mereka bisa mengeluarkan isi dompet mereka. Belanja sebanyak-banyaknya di Merauke sehingga uang itu bisa berputar di Merauke,’’ pungkasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *