Canangkan Tour de Port Numbay Jadi Ikon HUT Kota Jayapura

Calon peserta tengah mengambil nomor peserta di GOR Waringin Jumat (10/9) kemarin. (Wenny firmansyah/cepos )

JAYAPURA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura Rocky Babena mengatakan dalam rangka memperingati Haornas ke 38, Dispora Kota Jayapura akan mengadakan Tour de Port Numbay pada Sabtu (11/9) hari ini .
“Sesuai dengan agenda program kerja Dispora tahun 2021, kita gelar Tour de Port Numbay. Seharusnya tanggal 9 September namun kita pilih di akhir pekan dengan harapan antusias masyarakat lebih banyak,”ujarnya.
Dalam iven berkonsep sport tourism atau berolahraga dan berwisata tersebut nantinya para peserta akan berkumpul di Gapura Kantor Walikota berbarengan dengan Wali Kota Jayapura. Checkpoint di Distrik Muara Tami dan Finish di Ujung Jembatan Youtefa.
Rocky menyebut ada enam kategori yang diperlombakan, terbagi menjadi empat kategori untuk laki-laki dan dua kategori untuk perempuan. Empat kategori untuk laki-laki yaitu umur 29 tahun kebawah, umur 30 hingga 39 tahun, umur 40 hingga 49 tahun, dan umur 50 tahun ke atas. Sedangkan untuk perempuan kategori umur 29 tahun kebawah hingga 30 tahun ke atas.
Kendati baru pertama kali ini event tersebut diselenggarakan, Wali Kota menyambut baik wacana tersebut. Kedepannya diharapkan tidak hanya memiliki partisipan dari Kota Jayapura namun juga dari luar Jayapura, luar provinsi atau bahkan luar negeri.
Rocky mengatakan hingga pada malam kemarin, yang mendaftar sebagai peserta sudah mencapai 306 orang. Jumlah ini diluar perkiraan dispora karena mereka baru mempublish event tersebut tiga hari sebelum diselenggarakan. “Kami memperkirakan hanya sekitar dua ratusan peserta namun hingga tadi malam keselurahan yang mendaftar sudah tiga ratusan lebih,”terangnya.
Nantinya para finisher akan diberikan medali dan piagam. Para juara satu dari setiap kategori selain mendapat trophy dan dana pembinaan akan mendapatkan sepeda, sedangkan juara dua dan tiga akan mendapatkan trophy dan dana pembinaan saja. Juga disediakan sembilan sepeda untuk doorprize dan hadiah-hadiah menarik lainnya. (cr-265/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *