Sudah Ada Plt Bupati Yalimo, Pemalangan Masih Berlangsung

Apel Bersama TNI/ Polri dan ASN Yang Dipimpin Plt Bupati Yalimo Ribka Haluk di Lapangan Upacara kantor Buppati Yalimo. (Dok Dandim 1702/ Jayawijaya For Cepos )

WAMENA-Meski saat ini di Yalimo sudah ada Penjabat Bupati, namun hal ini belum bisa untuk membuat masyarakat membuka akses ke wilayah tersebut. Dimana sampai dengan saat ini pemalangan wilayah Elelim Kabupaten Yalimo masih terus terjadi, dan direncanakan akan dilakukan rapat forkopimda untuk mengambil langkah penaganan masalah ini.
Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf. Arif Budi Situmeang, SIP, menjelaskan semenjak di Yalimo ada Penjabat Bupati, yakni Ibu Ribka Haluk, baru kemarin melaksanakan apel bersama TNI/ Polri dan ASN yang ada di Yalimo. Sementara pemalangan masih terjadi dan mungkin pemda Yalimo akan segera melakukan konsolidasi dengan masyarakat.
“Mungkin untuk saat ini pemerintah dalam hal ini ibu Bupati akan melakukan konsolidasi terkait dengan pemalangan sehingga kita masih tunggu hasilnya seperti apa untuk ditindak lanjuti bersama,”ungkapnya Kepada Cenderawasih Pos Senin (6/9) kemarin.
Menurutnya, untuk pelaksanaan PSU pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena tugas dari TNI hanya memback up kepolisian untuk melakukan pengamanan disana, namun dalam minggu ini pihaknya diundang untuk melakukan rapat forkopimda bersama di Elelim dengan Plt Bupati Yalimo membahas soal ini.
“Kita akan lihat apa yang akan dibicarakan nanti, sementara ini kita belum tahu seperti apa, namun kemungkinan ada langkah yang akan diambil pemerintah kedepannya,”jelas Situmeang.
Ia juga menyatakan, 3 hari setelah dilantik oleh gubernur Papua Plt Bupati sudah langsung berkantor di Yalimo. Bahkan sudah memimpin apel gabungan disana, namun pihaknya juga belum bisa memastikan langkah -langkah apa yang akan diambil oleh beliau untuk kembali membuka akses ke Kabupaten Yalimo.
“Kalau kita lihat meskipun sudah ada penjabat bupati disana , namun masyarakat masih tetap dengan keputusannya tak ingin ada pelaksanaan PSU. Dan hanya ingin dilakukan pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati terpilih,”kata Dandim 1702/ Jayawijaya
Ia juga menyebutkan jika untuk pemalangan masih terus terjadi disana, sampai saat ini namun untuk akses logistik , BBM masih bisa ditorerir untuk masuk ke Elelim dari Wamena, sementara untuk jalan darat ke Jayapura masih ditutup dan tak boleh dilalui oleh kendaraan baik dari Wamena maupun dari Jayapura. (jo/tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *