Kampung Sereh Tua akan Dijadikan Kawasan Pengembangan Sagu 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE, M.Si bersama pimpinan OPD teknis saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pabrik tepung sagu di Kampung Sereh Tua, Yabaso Sentani, Senin (6/9). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan,  kehadiran pabrik sagu yang berlokasi di daerah Kampung Sereh Tua Yabaso Sentani, akan dikembangkan menjadi kawasan pengembangan sagu Papua.
“Kita berharap kawasan sagu ini bisa dikembangkan, bisa diolah menjadi daerah tujuan pariwisata,  konservasi, ” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Senin, (6/9).
Karena itu, apabila bisa dikembangkan, dia juga berharap kepada masyarakat supaya tidak menjual tanah di sekitar kawasan itu. Potensi dan fasilitas yang dihadirkan oleh pemerintah itu sudah tentu akan mendongkrak kemajuan khususnya dari sisi perekonomian di sekitar kawasan itu.
“Itu mesinnya sangat besar dan luar biasa, kita akan memproses sagu sampai menghasilkan tepung sagu yang berkualitas dan bahkan mereka juga bisa memproduksi beras dari sagu,”ujarnya.
Rencananya pemanfaatan fasilitas pabrik sagu di Sentani Kabupaten Jayapura itu akan diresmikan pada 9 September.  Pada kesempatan itu, ada sejumlah menteri akan menghadiri kegiatan tersebut.
Dia menjelaskan, kehadiran pabrik sagu di Sentani, Kabupaten Jayapura itu digagas oleh mantan Kepala BNPB Pusat Doni Monardo yang pada saat itu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jayapura pasca terjadinya peristiwa banjir bandang pada Maret 2019 lalu.  Doni menilai, salah satu cara untuk kembali membangkitkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Jayapura pasca peristiwa bencana banjir bandang itu harus dilakukan segera, tentunya dengan memanfaatkan segala potensi alam yang ada.  Dan menurut Bupati Mathius, sagu merupakan salah satu produk lokal yang paling menjanjikan untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat lokal di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya.
Sekadar diketahui, untuk memenuhi janji tersebut, pemerintah pusat melalui BNPB kemudian membangun fasilitas pabrik sagu di Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. (roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *