16 Lagu Sam Kapissa Resmi Miliki Sertifikat Hak Cipta

Anthonius Ayorbaba,S.H., M.Si (Yewen/Cepos)

JAYAPURA- 16 Lagu yang diciptakan oleh Sam Kapissa resmi diterbitkan sertifikat Hak Cipta dari Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Anthonius Ayorbaba,S.H., M.Si mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan dan telah ditetapkan 16 lagu yang diciptakan oleh Sam Kapissa sebagai hak cipta oleh Kemenkumham RI.
“Dalam minggu kemarin Kanwil Kemenkumham Papua memproses 22 usulan permohonan sertifikat hak cipta yang telah dikeluarkan oleh Ditjen Kekayaan Intelektual, yaitu 16 lagu dari almarhum Sam Kapissa yang sudah diterbitkan sertifikat hak cipta,” ungkapnya melalui pesan tertulis yang diterima Cenderawasih Pos, Senin (6/9) kemarin.
“Tak hanya 16 lagu dari bapak Sam Kapissa, ada juga sertifikat hak cipta yang diterbitkan buat 3 lagu dari group Oyandi, 2 lagu dari bapak Hozea Mirino dan kamus bahasa Dani dari saudara Withen Kolago,” tambahnya.
Ayorbaba menyampaikan, dengan sinergitas dan kolaborasi yang dilakukan oleh pihaknya dari Kakanwil Kemenkumham Papua, maka semua biaya pendaftaran PNBP dibayarkan oleh Disperindakop-UKM Provinsi Papua yang juga memberikan rekomendasi bagi para pencipta lagu.
Semua sertifikat 22 di tambah dengan 30 sertifikat merek dan paten yang telah di proses tahun 2020 dan telah dikeluarkan akan diserahkan oleh Gubernur Papua pada tanggal 9 September 2021 mendatang,” ujarnya.
Mantan Kepala Kemenkumham Papua Barat ini menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham akan terus bekerja keras untuk mendaftarkan lagu-lagu dari semua seniman di Papua sampai mencapai 200 sampai dengan 250 lagu yang terdaftar sehingga di Papua bisa dibentuk Lembaga Manajemen Kolektif Daerah (LMKD).
“Ini beradasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021, para pencipta bisa menerima rolality dan hak kekayaan intelektualnya dan meneriman manfaat ekonomi dan sosial,” ujar Ayorbaba. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *