Skadron Udara 27 Miliki 5 Unit Pesawat

Satu unit pesawat jenis CN- 235 A-2304 sebagai tambahan kekuatan baru di Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak diharapkan dapat membantu dalam mengoptimalkan tugas-tugas operasi di jajaran wilayah Koopsau III. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Jajaran TNI AU terus memperkuat keberadaan Skadron Udara 27 Lanud Manuhua. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan kembali menambah satu unit pesawat jenis CN- 235 A-2304. Dengan tambahan satu unit pesawat itu, maka kini Skadron Udara 27 Lanud Manuhua kini telah memiliki 5 buah pesawat, dari jumlah satu benyak itu tiga diantaranya adalah pesawat  angkut dan dua lainnya adalah pesawat intai.

   Kedatangan Pesawat CN 235 A-2304 di Apron Skadron Udara 27, Sabtu (4/9) disambut dengan tradisi water salute, penyiraman air bunga dan pemotongan tumpeng oleh Kadisops Kolonel Pnb I Ketut Adiyasa Ambara bersama para pejabat Lanud Manuhua. Potongan tumpeng diserahkan kepada komandan Skadron Udara 27 Letkol. Pnb. Wiwit Yoga yang menerbangkan pesawat A- 2304 dari Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju lanud Manuhua Biak, Sabtu ( 4/9).

    Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Donald Kasenda, ST., S.IP., MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadisops Kol. Pnb I Ketut Adiyasa Amabara, mengatakan pesawat A-2304 sebelumnya merupakan bagian dari kekuatan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma, namun karena pertimbangan untuk membantu memperkuat wilayah-wilayah strategis, maka digeser ke Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak.

   “Atas kebijakan pimpinan TNI AU dan untuk memperkuat kekuatan udara yang bersifat strategis maka pesawat CN-235 A-2304 yang selama ini dibawah Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma di serahterimakan menjadi kekuatan Skadron Udara 27 Lanud Manuhua di bawah jajaran Koopsau III,” ungkapnya..

   Dengan tambahan  satu unit pesawat ke Skadron Udara 27, lanjut Danlanud, maka kini sudah ada  5 unit CN-235 yang dioperasi. Kelima pesawat itu terdiri dari 3 unit versi angkut dan 2 unit versi intai. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *