Siapkan Tiga Kapal di Danau Sentani

Tampak dua bus air atau kapal yang akan digunakan untuk mobilisasi atlet pada saat PON nanti ketika tiba di Danau Sentani, pekan kemarin. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyiapkan 3 unit kapal berkapasitas 100 orang untuk memobilisasi para atlet atau tamu pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021.

“Kami telah menyiapkan tiga unit kapal untuk memobilisasi tamu dan atlet saat PON nanti, “kata Mathius Awoitauw, Jumat, (3/9).

Dia mengatakan, adapun tiga kapal tersebut yakni kapal Foi Moi dan dua kapal yang baru saja didatangkan dari pusat. Ini akan dimaksimalkan pemanfaatanya pada saat PON nanti.

Dia mengakui, saat PON nanti, aktivitas masyarakat yang akan menggunakan akses jalan sangat tinggi. Sehingga pemerintah mengambil opsi agar bisa memanfaatkan jalur Danau Sentani untuk mengantisipasi kemacetan.

“Oleh karena itu, kami juga sedang bangun dermaga apung  untuk mengurai kemacetan, apalagi dua kapal dari pusat sudah datang, kami sudah punya kapal sendiri. Sehingga ada tiga kapal untuk membantu mengurai kemacatan jika terjadi penumpukan penumpang di sekitar sini,”imbuhnya.

Lanjut dia, semua upaya sudah dilakukan oleh pemerintah, mulai dari pembangunan jalan alternatif dan mendatangkan kapal tersebut. Dua kapal itu dan ditambah satu kapal yang sudah dibangun oleh pemerintah di Danau Sentani beberapa bulan lalu, diharapkan bisa membantu mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura.

“Kapal ini selain untuk membantu mengurai kemacetan,  juga diharapkan dapat mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura,  khususnya pariwisata Danau Sentani,”imbuhnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *