Jadi Persyarataan, Banyak Warga Akhirnya Mau Divaksin

Warga saat antre untuk melakukan  vaksinasi Covid  di GOR Hiad Say Merauke.  Vaksinasi yang dilakukan ini tersebut  sebagai syarat  untuk mendaftar sebagai Relawan PON XX (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Syarat vaksin  bagi tenaga bagi masyarakat  yang mau jadi relawan maupun  untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) terlibat pada saat pelaksaan PON XX  menjadi salah satu strategi  yang  dibuat pemerintah, sehingga  mereka yang sebelumnya tidak mau vaksinasi   karena  termakan dengan informasi hoax akhirnya mau juga divaksin.

  Seperti yang terlihat  di  pendaftaran relawan PON  XX  yang berlangsung si GOR Hiad Say Merauke. Ratusan calon relawan  yang  mau mendaftar  sebagai relawan itu terpaksa harus vaksin  yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke  di dalam GOR selama 2 hari.

   “Iya, banyak  yang sebelumnya  tidak mau divaksin dengan berbagai alasan menjadi  mau divaksin. Kalau tidak  divaksin, jelas  tidak bisa mendaftar sebagai relawan PON XX,” kata pelaksana  Pencengahan dan Pengendalian  Penyakit Menular  Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Natalia P. Teraka, SKM, ketika ditemui   disela-sela vaksinasi Covid bagi calon relawan di GOR Hiad Say Merauke, Sabtu  (4/9).

   Mereka yang divaksin disini dikhususkan bagi orang asli Papua (OAP). Natalia menjelaskan, bahwa selain  calon relawan,  mama-mama Papua  yang tergabung dalam  usaha mikro, kecil dan menengah yang akan  terlibat pada saat pelaksanaan PON XX juga harus  menjalani vaksinasi.

   “Kita sudah  sampaikan ke mama-mama Papua yang punya usaha misalnya anyam-anyaman dalam UMKM   bahwa  kalau mau terlibat harus vaksin. Tapi kalau tidak divaksin, maka nanti tidak bisa gabung dengan teman-teman lainnya yang memang sudah vaksin, sehingga mau tidak mau harus vaksinasi,” jelasnya.   

   Untuk  hari kedua  vaksinasi tersebut, menurut  Natalia,  dilayani  Nakes dari Puskesmas Karang Indah.  “Tapi, ada juga teman-teman medis  yang datang dari  puskesmas, karena kemarin ada kegiatan di Merauke kita minta untuk membantu bergabung ke GOR. Karena sekarang, teman-teman Nakes  di puskesmas  juga ada melakukan vaksinasi Covid,” terangnya.   

   Sementara itu, hingga  Sabtu (4/9), capaian vaksinasi di  Merauke  untuk keseluruhan sebanyak 111.888 orang. Dengan rincian, untuk  dosis pertama sebanyak 69.246 orang atau sebesar 55,5 persen dari target 124.856. Sementara dosis kedua sebanyak 42.642 orang atau 34,2 persen dari target 124.856. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *