Vaksin Dosis Ketiga Mulai Diberikan bagi Nakes

Direktur RSUD Yowari,  Petronella Risamasu saat memantau langsung pelaksanaan vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di RSUD Yowari,  Jumat, (3/9) (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Direktur RSUD Yowari, Petronela Risamasu mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Kabupaten Jayapura.  Pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga ini untuk tahap pertama diprioritaskan kepada seluruh tenaga medis.

“Hari ini satu gerakan lagi yang kami lakukan untuk membuat semua sehat,  hari ini khusus Nakes vaksin dosis ketiga,” kata Petronella Risamasu kepada wartawan di sela-sela memantau vaksin dosis ketiga itu di RSUD Yowari, Jumat, (3/9).

Dia mengatakan, vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan ini baru menjangkau 28 Nakes.

“Untuk vaksin dosis ketiga ini khusus bagi Nakes dan itu baru direkomendasikan dari Kemenkes, ” ungkapnya.

Lanjut dia, pemberian vaksin dosis ketiga bagi Nakes ini dijadwalkan akan diberikan setiap dua kali dalam seminggu yakni hari Rabu dan Jumat di RSUD Yowari.  Vaksin yang digunakan saat ini adalah vaksin moderna. Selain itu, pemanfaatan vaksin ini juga sedikit berbeda dari sebelumnya.  Karena dalam satu botol vaksin bisa digunakan untuk 14 orang.  Sehingga sebelum divaksin, petugas khusus sudah melakukan pendataan, siapa saja tenaga kesehatan yang siap divaksin untuk dosis itu.

Pihaknya juga masih melaksanakan vaksin Covid-19 bagi masyarakat untuk dosis 1 dan 2, setiap 3 kali dalam seminggu, mulai Selasa, Kamis dan Sabtu.  Ini dilaksanakan dalam rangka mengejar target capaian vaksin Covid-19 dalam rangka pelaksanan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Kabupaten Jayapura.

“Yang kita mau kejar adalah hard immunity,  kekebalan komunal untuk semua.  Ada beberapa orang yang memang tidak bisa divaksin, tetapi ada sebagian besar orang yang divaksin, ini akan melindungi kita semua dan kita kejar target 70%,”ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya gerakan serempak terkait vaksin ini bisa menggugah hati masyarakat untuk masuk divaksin.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *