Giliran Demianus Magayang Diburu

Satu dari lima orang warga saat dimintai keterangan di Mapolres Yahukimo, Jumat (3/9). (Polres Yahukimo for Cepos)

*Tak Cukup Bukti Lima Orang Dipulangkan

JAYAPURA-Tim Gabungan saat ini memburu Demianus Magayang pasca ditangkapnya Senat Soll alias Ananias Salak di Jalan Samaru, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Kamis (2/9) sekira pukul 05.28 WIT.

Demianus merupakan rekan dari Senat Soll, dimana sebelumnya sudah diterbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas pembunuhan staf KPUD Yahukimo Jovinsky yang terjadi pada Agustus 2020.

“Kita masih melakukan pengejaran terhadap Demianus,” kata Kasat Reskrim Yahukimo Ipda Rony saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya, Jumat (3/9).

Sementara itu untuk lima orang yang turut diamankan saat penangkapan Senat Sol dengan inisial PM (18), AT (21), MM (36), SA (24) dan AM (26) menurut Rony sudah dipulangkan usai dilakukan pemeriksaan. Dimana sebelumnya pihaknya melakukan pendalaman dari lima orang tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan hingga Jumat (3/9) pagi, dari kelima orang tersebut belum ada yang mengarah ke dalam grupnya Senat Soll,” jelasnya.

Dijelaskan, kelima orang tersebut merupakan keluarga jauh dari Senat Soll. Sebelum diamankan, Senat Soll sudah berada di rumah tersebut Rabu (1/9) sore. Kamis (2/9) dini hari Senat Soll sudah ditangkap Tim Satgas Gabungan. “Senat Soll hanya menumpang di rumah keluargnya tersebut,” ungkapnya.

Rony juga menegaskan, penangkapan Senat Soll bukan dilakukan di Markas KNPB, melainkan salah satu rumah warga yang tak lain adalah keluarganya.

Sementara itu Kabiddokes Polda Papua, Kombes Pol. dr Naryana menyampaikan, dirinya belum tahu pasti kondisi Senat Soll yang dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis usai dilumpuhkan lantaran melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat hendak ditangkap.

“Kalau dokter. siapapun yang sakit dan datang ke rumah sakit untuk berobat kita obat, kami memberikan pelayanan pada orang yang sakit sekalipun dia pelaku kriminal termasuk Senat Soll,” ungkap dr Naryana yang menjalankan dinas luar kota saat dihubungi Cenderawasih Pos.

Sebelumnya, Senat Soll atau Ananias Salak ditangkap tim Satgas Nemangkawi dan anggota Polres Yahukimo di Jalan Samaru, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Kamis (2/9) sekira pukul 05.28 WIT.

Senat Soll merupakan disersi anggota TNI. Ia juga menjadi anggota KKB yang selama ini diduga dalang dari beberapa kasus pembunuhan yang terjadi di Kabupaten Yahukimo. Termasuk pembunuhan staf KPUD Kabupaten Yahukimo Henry Jovinski pada Agustus 2020. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *