Bangunan museum Taman Yos Sudarso (Taman Imbi) yang rusak dan perlu diperbaiki oleh pemerintah kota Kayapura jelang Pekan Olahraga Nasional, Kamis, (2/8). (Noel/Cepos)

JAYAPURA- Tak terasa pelaksanaan PON sudah di depan mata, beberapa atlet maupun official sudah tiba di tanah Papua untuk mempersiapkan diri dengan baik. Namun disadari atau tidak, masih banyak kekurangan yang belum selesai, terutama infrastruktur di luar venue.
Satu hal yang dilupakan yakni keberadaan Taman Imbi yang dibiarkan tak terurus oleh pemerintah. Padahal jika dilihat, Taman Imbi merupakan taman bersejarah, taman, bermain, taman rekreasi sekaligus ikon dari Papua dan Kota Jayapura.
Hal ini dikatakan salah satu pengunjung Taman Imbi Roni Bero, dia mengungkapkan bahwa sebaiknya Taman Imbi ini diperbaiki kembali khususnya dalam bangunan yang dulunya direncanakan menjadi museum Yos Sudarso tersebut.
“Katanya ini akan menjadi museum tapi kalau dilihat tidak layak menjadi museum karena sudah rusak dan banyak kaca yang pecah untuk itu jangan taman saja yang diperhatikan tetapi lihat juga bangunan dalam,” katanya Kamis (2/8) kemarin.
Dia berpendapat bahwa para pengunjung yang datang nanti dari luar pada event empat tahunan tersebut tentu saja akan melihat Taman imbi dengan apa yang ada di dalam sehingga perlu dilakukan penataan.
Tidak hanya itu, ia juga berharap beberapa tempat lain yang menjadi objek wisata dan juga tempat bersejarah dapat ditata oleh pemerintah untuk dikunjungi oleh para pengunjung atau official dan atlet yang datang pada event nasional tersebut.
“Taman Yos Sudarso imbi terus saja mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh kurang adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga, juga tidak adanya pengawasan yang ketat oleh pemerintah yang perlu menjadi perhatian serius,” katanya. (oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *