Pemda Jayawijaya Terima Bantuan Generator Pengisian Oksigen

Pangkogabwilhan III Mayjen TNI Jeffri A Rahawarin mewakili Panglima TNI menyerahkan Bantuan Generator Pengisian oksigen dari donatur Gotong Royong kepada Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, Msi, yang disaksikan oleh Kadin Papua, Kamis (2/9). (Denny/ Cepos )

WAMENA-Pemda Jayawijaya menerima bantuan generator Pengisian Oksigen dari TNI, Kadin, Sasa , Roda Mas dan Meratus sebagai donator. Dimana mesin ini akan ditempatkan di RSUD Wamena sebagai rumah sakit Rujukan yang ada di Wilayah Lapago. Bantuan diserahkan oleh Pangkogabwilhan III Mayjen TNI Jeffri A Rahawarin yang diterima oleh Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, Msi.
Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE, Msi menyatakan generator pengisian oksigen ini merupakan salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala berat dan butuh bantuan oksigen. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jayawijaya mengucapkan terimakasih untuk bapak ibu dapat hadir di kota Wamena sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di daerah ini.”ungkapnya kamis (2/9) kemarin
Pangkogabwilhan III Mayjen TNI Jeffri A Rahawarin menyatakan generator oksigen bantuan Panglima TNI. Karena tahu banyaknya kasus penanganan pasien Covid sangat memerlukan ketersediaan oksigen yang cukup, sementara oksigen mengalami kekurangan stok, maka dibutuhkan kesiapan fasilitas medis untuk dapat merawat pasien yang membutuhkan alat bantu pernapasan.
“Dengan generator oksigen ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan mencegah terjadinya kelangkaan oksigen dalam penanganan Covid-19 sehingga dapat menekan angka kematian pasien di Papua, khususnya di Jayawijaya,”bebernya.
Secara terpisah Ketua Kadin Papua Ronald Antonio mengaku bantuan dari donatur yang memberikan kepada Kadin, dan Kadin bekerja sama dengan TNI, untuk mengirimkan generator ini ke Wamena harus menggunakan penerbangan Hercules dan sudah mendapat izin dari Panglima TNI dari Surabaya menuju Jayawijaya dan sudah diserahkan tadi.
“Ini adalah bantuan gotong royong, dan hanya Jayawijaya karena kami Kadin Papua hanya mendapat jatah 1 unit dari Kadin Indonesia, sehingga kami menyerahkan alat ini ke Jayawijaya untuk menjawab kelangkaan pasokan oksigen untuk wilayah Lapago,” jelasnya.
Sementara itu Direktur RSUD Wamena Dr. Felly Sahureka, M,Kes, Sp,PK mengaku untuk kapasitas generator ini bisa mengisi oksigen hingga 100 tabung, ukuran 6 Kubik, kalau sudah beroperasi pasti sudah memenuhi kebutuhan rumah sakit dan mungkin juga untuk wilayah Lapago.
“Alat ini sangat -sangat membantu. Alat ini merupakan pergumulan kita pada awal Covid dan meningkat lagi di tahun ini, sehingga doa kita terjawab sehingga kita sangat bersyukur dengan adanya alat ini,”tambahnya.
Untuk tenaga pengoperasiannya lanjut Dr. Felly, akan dilihat lagi, jika memang dibutuhkan akan ditambah , tetapi dari PT. Roda Mas yang menghibahkan alat ini memfasilitasi dua tenaga RSUD Wamena untuk mengikuti Trianing di Jakarta, mereka akan memfasilitasi baik akomodasi dan transpost dan fasilitas.
“Generator pengisian oksigen yang baru dengan yang ada di RSUD Wamena kalau semua dioperasikan maka bisa mengisi oksigen sebanyak 150 tabung per hari, namun mungkin alat pengisian yang di RSUD Wamena akan di stanbykan dan mengutamakan yang baru dan sifatnya mungkin memback up agar alat ini tidak rusak,”tutupnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *