2725 Atlet dan Official Tampil di Peparnas Papua

Atlet Lempar Lembing NPC Papua saat mengikuti latihan di Stadion Mahacandra Uncen, Kamis (2/9). (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua tinggal menyisakan 58 hari lagi. Pesta olahraga nasional kaum disabilitas itu rencananya akan digelar pada 2-15 November, atau dua pekan pasca pelaksanaan PON XX 2021 Papua.

Peparnas XVI tentu menjadi kebanggaan masyarakat Papua. Setelah puluhan tahun, penantian masyarakat Papua untuk menjadi tuan rumah akhirnya tercapai. Peparnas XVI Papua hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 654 nomor pertandingan.

Bila PON XX digelar empat kluster, Peparnas XVI hanya digelar di dua zona, yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Kota Jayapura akan mempertandingkan 6 cabang olahraga, begitu juga dengan Kabupaten Jayapura mempertandingkan 6 cabang olahraga.

Dari total 12 cabang olahraga, dan 654 nomor pertandingan, estimasi jumlah atlet dan official yang akan terlibat dalam hajatan Peparnas XVI berjumlah 2725 atlet dan official.

“Ini baru sebatas estimasi saja, atlet dan official Peparnas Papua itu berjumlah 2.725 orang. Dan saat ini masih dalam tahap pendaftaran entry by number dan entry by name. Kita belum bisa pastikan berapa yang akan datang ke Papua, tapi untuk estimasi itu ya 2.725 orang,” ungkap Koordinator Bidang Pertandingan PB Peparnas XVI Papua, Slamet saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (2/9).

Slamet juga menyebutkan bahwa dari 12 cabang olahraga yang nantinya dipertandingkan, Atletik dan Renang merupakan dua cabang olahraga yang memiliki kuota atlet sangat banyak, kemudian disusul cabang olahraga Tenis Meja, Bulutangkis, Panahan, Angkat Berat dan Judo.

Dirinya juga menegaskan jika jumlah cabang olahraga beserta nomor yang dipertandingkan telah final dan sudah diketahui oleh 34 kontingen. Nomor yang dipertandingkan sudah final di daerah Jawa sudah dikirim buku panduan.

“Cuman kendala kemarin itu banyak daerah kesulitan soal anggaran, tapi Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah meminta agar setiap kepala daerah memperhatikan setiap atlet yang akan ikut bertanding di Peparnas XVI Papua,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *