Lestarikan Bahasa Biak, Disdik Supiori Launching Bahan Ajar Bahasa Biak

SUPIORI- Bahasa Biak merupakan salah satu unsur budaya suku Biak yang menjadi alat komunikasi sekaligus sebagai alat pemersatu dan penunjuk identitas diri sebagai suku Biak yang jika saat ini tidak dilestarikan, maka dikhawatirkan dimasa yang akan datang bahasa Biak akan punah

Terkait dengan hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Supiori melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori meluncurkan bahan ajar muatan lokal Bahasa Biak yang akan digunakan oleh satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Supiori.

Bupati Supiori dalam sambutannya sangat mengapresiasi dinas pendidikan yang mana telah berupaya  membuat sebuah bahan ajar bahasa biak untuk dijadikan muatan lokal yang nantinya akan dipakai oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Supiori.

‘’ Sebagai bupati dan wakil bupati, kami menyambut baik upaya penyediaan bahan ajar bahasa biak ini, dan kami sangat mendukung serta mengapresiasi tim yang telah berusaha untuk menyusun bahan ajar ini,’’ ungkap Bupati Yan Imbab.

Lebih lanjut Bupati Yan Imbab mengatakan program ini sangat penting guna pelestarian bahasa Biak yang perlahan-lahan mulai hilang karena  tidak lagi dipakai oleh generasi  saat ini sebagai komunikasi local.

”Lewat kesempatan ini saya mengajak para kepala sekolah, dan para guru serta dinas pendidikan untuk terus berkomitmen dan memastikan pembelajaran muatan local bahasa Biak di sekolah dapat terlaksanan dengan baik’’ Jelas Bupati Yan Imbab

Dirinya berharap, sekolah-sekolah bisa menerapkan literasi berbahasa Biak dengan mewajibkan guru dan siswa membaca atau berbicara dengan bahasa biak pada waktu-waktu tertentu, paling tidak dalam seminggu ada satu hari wajib berbahasa Biak bagi semua warga sekolah baik orang biak maupun non Biak, dengan demikian semua warga sekolah harus bisa belajar untuk berkomunikasi dengan bahasa Biak.

Kegiatan yang digelar di gedung serba guna Dinas Pendidikan Supiori Ini dihadiri oleh Bupati Supiori Drs. Yan Imbab, didampingi Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Supiori Rafles Ngilamele, S.STP dan para guru mata pelajaran dari setiap Sekolah Yang ada di Kabupaten Supiori. (Humas Supiori/Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *