Disarankan Berobat Sesuai dengan Gejalanya

dr. Petronela Risamasu (Yewen/Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura tetap memberikan perhatian terhadap penanganan Covid-19 yang saat ini terjadi di Bumi Khenambai Umbai.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, dr. Petronela Risamasu mengungkapkan, saat ini yang menjadi perhatian adalah masyarakat harus sehat dan bebas dari Covid-19. Hal inilah yang membuat Pemkab Jayapura terus memberikan perhatian terhadap hal tersebut.

Apalagi menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021, sehingga Pemkab terus memberikan perhatian terhadap penanganan Covid-19, agar masyarakat bisa bebas dari Covid-19 dan dapat menyambut PON dengan kondisi yang sehat.

“Intinya sekarang dalam PON ini bagaimana? Masyarakat harus sehat,” ungkapnya kepada wartawan usai pertemuan yang berlangsung di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (31/8) kemarin.

Untuk mendukung agar masyarakat tetap sehat, maka kata Petronela menyampaikan, masyarakat harus di suntik vaksin. Sebab vaksin merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan imun dan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

“Supaya sehat masyarakat harus vaksin. Terus kalau punya keluhan mengenai Covid-19, baik gejala ringan, gejala sedang dan gejala berat, maka berobat sesuai dengan klinis atau kondisinya,” ucapnya.

“Bagi yang terkena Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala dan gejala ringan, bisa karantina diri di rumah atau isolasi mandiri dan pengobatannya ke Puskesmas,”tambahnya.

Dia menyatakan, nanti dari Puskesmas apabila pasien dengan gejala sedang dan berat akan dirujuk ke rumah sakit, sehingga mendapatkan perawatan dari tim medis yang ada di RSUD Yowari.

“Vaksinasi, protokol kesehatan merupakan langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan bisa menghadapi PON XX dengan kondisi sehat,” pungkasnya. (bet/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *