Bupati Supiori Buka Rapat Konsolidasi KLHS-RPJMD Supiori 2021-2025

SUPIORI – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten supiori menggelar rapat Konsolidasi Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kabupaten Supiori tahun 2021-2025 pada Rabu  (25/08) bertempat di aula Kantor Bappeda Kabupaten Supiori

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Supiori George Y.P. Yawan SE.MM mengatakan bahwa dasar penyusunan RPJMD suatu daerah adalah sebagaimana diamanatkan dalam  UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional pasal 2 ayat 2, perencanaan pembangunan nasional disusun secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dan UU No 23 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Dokumen rancangan awal RPJMD Kabupaten SUpiori tahun 2021-2025 disusun sebagai kelanjutan Dokumen teknokratik yang telah disusun sebelum didalam rancangan awal RPJMD.

Lebih lanjut George Yawan mengatakan bahwa hasil tersebut telah dikolaborasikan dengan komponen visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih. Terdapat lima langkah penyusunan dan Perumusan Program OPD dan KLHS adalah, Penyusunan rancangan awal RPJMD, penyusunan rancangan pelaksanaan Musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir RPJMD dan Penetapan RPJMD.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan penyusunan awal RPJMD adalah untuk merumuskan arah kebijakan dan strategi pembangunan Kabupaten Supiori lima tahun mendatang.

Sementara itu Bbupati Supiori Drs. Yan Imbab dalam sambutannya mengatakan, kegiatan konsolidasi ini merupakan langkah awal untuk bagaimana setiap OPD secara bersama-sama melihat, memberikan pendapat juga sumbangsih saran yang konstruktif guna perumusan dan penyusunan RPJMD Kabupaten Supiori untuk lima tahun kedepan sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Supiori.

Bupati Supiori Drs. Yan Imbab mengatakan visi dan misi dari bupati dan wakil bupati masih sangat makro dan belum kooperasional sehingga harus diturunkan dan dijabarkan lebih lanjut dalam tujuan dan sasaran strategi kebijakan sampai dengan program prioritas.

“Pada kesempatan yang sangat baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang hadir melalui Zomm Meeting dan juga melalui kesempatan ini saya harapkan kepada bapak ibu kepala OPD dan juga unsur kelembagaan yang saat ini hadir pada forum konsolidasi ini untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif guna kemajuan Kabupaten Supiori yang kita cintai ini ‘’Jelas Bupati Yan Imbab.

Dikatakan, Jika dilihat dari letak geografis, Kabupaten Supiori mempunya potensi di bidang pariwisata dan perikanan laut dan tidak dengan serta-merta dapat meninggalkan potensi sektor-sektor seperti pertanian, perkebunan dan sector lainnya. “ Dengan melihat potensi yang ada tentu kita harus bekerja keras menyatukan seluruh potensi dan menyusun langkah-langkah yang strategis dengan sebaik-baiknya<” ujarnya.

“Sesuai dengan visi dan misi kami berdua bahwa sector pariwisata dan perikanan laut harus ditingkatkan guna menjadikan Kabupaten Supiori sebagai tujuan wisatawan yang mana juga harus didukung dengan fasilitas yang memadai dan juga hal itu diperlukan promosi pariwisata baik melalui media social maupun situs resmi pemerintah daerah karena itu yang dirasa saat paling murah dan sangat efektif untuk diakses oleh siapanpun,” jelas Bupati Yan Imbab.

Kegiatan konsolidasi tersebut digelar di Aula Kantor Bappeda Supiori dan dibuka oleh Bupati Supiori Drs. Yan Imbab didampingi Sekda Supiori Dra. Ferra Wanggai, M.Si, Wakil Ketua I DPRD Supiori Dwi Saptawati Kawer, dan kepala Bappeda Supiori George Y.P. Yawan SE.MM selain itu juga dilakukan pertemuan secara zoom meeting yang menghadirkan beberapa nara sumber antara lain dari Bapenas RI Dr. Velix wanggai, dari kementrian dalam negeri, ibu sondang lumban gaol, dari Bappeda Provinsi yang diwakili oleh Kasubid pengendalian administrasi Program, Dr. Hariman Dahrif, S.Pi, MTP dan tim penyusun RPJMD Kabupaten supiori. (Humas Supiori/Yan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *