Banyak Ruas Jalan yang Perlu jadi Perhatian

Kendaraan yang memutar di depan kantor BKBN Papua di Kotaraja, Selasa (31/8) kemarin. (Ayu/cepos )

JAYAPURA –Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, pemerintah dan pihak kepolisian perlu memperhatikan kondisi lalu lintas di Kota Jayapura terutama ruas jalan utama yang akan dilalui para atlet yang akan ke venue maupun sebaliknya.
Beberapa titik yang perlu menjadi perhatian yakni seperti di Kotaraja depan BKKBN, disitu ada putaran kendaraan, kadang membuat laju kendaraan tertahan, selain itu juga setelah traffic light di depan Brimob, kendaraan yang akan ke Kompleks Melati, kemudian perempatan jalan masuk BTN Skyland dan LPMP perlu juga menjadi perhatian.
“Betul saya alami sendiri, ketika kendaraan yang mau berbelok, ada yang sampai harus mundur dua kali, baru maju. Ini yang membuat macet,” kata Doni Siregar, salah satu warga Kota Jayapura. Rini, Salah seorang warga juga menambahkan trafic light di depan Mako Brimob sebaiknya tidak boleh putar kendaraan disitu karena rawan tertabrak. “ Dari arah Abe mau ke Jayapura kita biasanya sampai di depan Mako Brimob lampu hijaunya menunggu cukup lama, kemudian ketika lampu hijau ada kendaraan kembali ke arah Abe, padahal di lajur kanan lajur cepat. Ini hanya masukan kepada pak polisi saja, semoga diperhatikan,” jelasnya.
Dia berharap kedepannya selain pelebaran jalan, perlu juga dipasang rambut lalu lintas yang disesuaikan dengan rekayasa jalan. Agar tidak terjadi kemacetan apalagi menjelang PON. “Saran kami agar mereka memasang rambu lalu lintas agar bisa berputar agak jauh sehingga tidak menimbulkan kemacetan.” Imbuhnya.
Kemudian di Kota Jayapura masih banyak warga yang melanggar rambu-rambu, seperti dari arah eks pasar Ampera seharusnya belok ke kiri dan tidak boleh lurus tapi malah masih banyak warga yang malah menerobos langsung menuju ke arah Hotel Horison.
Dari pantauan koran ini, kendaraan roda sering terlihat memotong jalan yang seharusnya tidak boleh, seperti di depan BI, di depan halte bus APO, dan di depan GOR Cenderawasih. Yang juga menjadi perhatian adalah di depan pasr ikan Dok IX ruas jalan tersebut sempit, jika ada mobil yang minggir disitu akan menghambat kendaraan lainnya. Daerah tersebut juga termasuk salah satu ruas jalan menuju venue Taeowondo dan Karate di Balai Diklat Penerbangan Deplat. (cr-265/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *