Tidak Semua Pasien Covid-19 Diberikan Plasma Konvalesen

dr. Petronela Risamasu

SENTANI-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, dr. Petronela Risamasu mengungkapkan, Covid-19 merupakan penyakit baru yang ada di dunia. Namun demikian, penelitian terus dilakukan untuk menemukan obat dalam menyebuhkan penyakit tersebut.

“Salah satu strategi pengobatan. Apalagi ini penyakit baru, maka penelitian terus berkembang. Anti virus mana yang langsung membunuh virus, masih terus dilakukan,”ungkapnya kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/8).

Petronela menyampaikan, pilihan pengobatan bagi pasien Covid-19 tergantung kondisi pasien. Nanti dokter yang bertanggung jawab kepada pasien akan menentukan dengan melihat kondisi pasien, apakah pasien ringan, sedang atau kritis. Obat apa yang harus diberikan,” ujarnya.

Berkaitan dengan plasma konvalesen memeng sampai saat ini belum semua tempat memiliki fasilitas untuk melakukan pengambilan darah, sehingga menjadi bermanfaat untuk obat lagi ke depannya.

“Ada beberapa kriteria yang diminta, misalnya pernah sakit Covid-19, golongan darah, PCR tidak sedang terinveksi Covid-19. Ini salah satu kriteria untuk mengambil darahnya,” ucap Petronela.

“Beda dengan transfuse darah biasa. Kalau plasma konvalesen tujuannya adalah nanti mengambil plasma yang sudah memiliki anti bodi,” tambahnya.

Untuk pasien yang menerima plasma konvalesen sendiri nanti dokter spesialis yang akan menentukan, apakah termasuk plasma konvalesen atau obat-obat anti virus, obat anti bakteri, obat anti implamasi dan segala macamnya. Obat-obat ini yang menentukan adalah dokter yang memegang pasien tersebut.

“Apakah semua pasien dikasih plasma konvalesen? Tentu tidak. Masuk kriteria yang mana tentu ada ketentuannya tersendiri,”ujarnya.

Petronela menyatakan, di Papua ini yang saat ini tersedia untuk plasma konvalesen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), sehingga apabila RSUD Yowari membutuhkan tentu akan mengakses ke sana dengan tentunya bantuan dari keluarga. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *