Program SDGS Wajib Dilaksanakan di Tiap Kampung

Lepinus Gombo, SPd, Msi, (Denny/Cepos)

WAMENA– Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Lepinus Gombo, SPd, MSi mengungkapkan bahwa program  Sustainable Development  Goals (SDGS) merupakan program dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Desa. Di Kabupaten Jayawijaya pelaksanaannya dikoordinir langsung oleh pendamping distrik dan kampung untuk pembentukan kelompok kerja (Pokja).

  “Pokja yang dibentuk ini ditetapkan dengan SK kepala Kampung, dimana mereka akan mendata semua penduduk dan potensi dan kondisi yang ada di Kampung itu semua diakomodir atau didata melalui program SDGS,”ungkapnya Sabtu (28/8) kemarin.

  Menurutnya, sampai sekarang untuk SDGS ini ada yang sudah jalan ada yang baru jalan, dan ada juga yang tinggal masuk dalam proses penginputan kepada lam aplikasi. Namun sementara ini masih dalam tahapan verifikasi data, dimana data yang  dibuat oleh setiap pokja di masing-masing kampung itu nanti akan dikumpulkan dan verifikasi.

  “Jadi data yang dihimpun sebelum masuk kedalam aplikasi SDGS itu harus diverifikasi terlebih dulu  baru bisa nanti dimasukan kedalam sistemnya,”jelas Lepinus Gombo,

  Untuk pendataan melalui SDGS ini, kata Lepinus, untuk pembiayaannya memang dari pusat belum memberikan anggaran khusus untuk melakukan pendataan itu. Sampai sejauh ini pihaknya belum menerima petunjuk dari pusat untuk penganggaran program ini, sehingga  sekarang ini sementara pembiayaannya bisa bersamaan dengan keuangan desa, yang penting harus disepakati dulu dalam Muskam.

   “Jadi memang harus disosialisasikan dulu kepada masyarakat agar masyarakat pahami, dan bisa sepakat bisa membiayai Program ini dari dana desa berapa besar yang ditentukan, itu harus dimuatkan juga dalam APBK sehingga feromagnetik resmi dan sah,”bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *