Rektor Uncen Minta Alumni Ikuti Perkembangan Teknologi

Pembawa acara ketika membacakan nama – nama mahasiswa yang lulus dalam rapat terbuka senat Universitas Cenderawasih dalam rangka wisuda daring yang digelar di Auditorium Uncen, Kamis (26/8). (Gamel Cepos)

*Kemarin, Lepas 1.459 Lulusan
JAYAPURA – Pelaksanaan wisuda bagi 1000 lebih mahasiswa Uncen tetap digelar. Meski dilakukan dengan live streaming namun proses ini tetap memberi makna kebanggaan. Tercatat sebanyak 1.459 mahasiswa yang Kamis (26/8) diwisuda secara online dan seperti sebelum – sebelumnya kursi – kursi kosong tetap dijejer di dalam ruang rapat senat tersebut.
Rapat senat ini dipimpin oleh Prof Dr Batlazar Kambuaya dan diikuti anggota senat termasuk Rektor Universitas Cederawasih, Dr Ir Apolo Safanpo ST., MT. Rektor Apolo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pandemi covid masih menjadi celah yang membatasi aktifitas normal kehidupan masyarakat termasuk dari aspek pendidikan yang juga ikut terdampak. Proses belajar mengajar masih dilakukan secara online. Meski demikian ia tetap mensyukuri karena Uncen masih bisa menggelar upacara wisuda mahasiswanya.
Disini disebutkan dari kelulusan 1.459 mahasiswa maka total keseluruhan wisudawan adalah 79. 721 orang atau alumni. Iapun merincikan kelulusan untuk semester kedua ini dari 9 fakultas tercatat program pasca sarjana 57 kelulusan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 416 lulusan, Fakultas Hukum sebanyak 173 lulusan, Fisip sebanyak 195 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 309 lulusan, FMIPA sebanyak 55 lulusan, Fakultas Teknik sebanyak 129 lulusan, FKM sebanyak 55 lulusan, Fakultas Kedokteran sebanyak 50 lulusan dan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 20 lulusan. Lalu terdapat 3 orang yang memperoleh predikat terbaik atau cumlaude dengan IPK tertinggi atas nama Chaterind Puspitarini Soelarso dar Fakultas Ilmi Kesehatan Masyarakat dengan IPK 3,98 atau dengan pujian.
Kedua, Parman Sipayung dari administrasi negara Fisip dengan PK 3.95 atau dengan pujian dan ketiga, Revydo Dimas Bromo Saputra dari Teknik Elektro dengan IPK 3,75 atau dengan pujian. “Tak hanya itu, ada juga salah satu dosen Uncen yang berhasil menyelesaikan studi doctor atas nama Dr Hendrikus Masang Ban Bolly M.Si., SpBS., FICS., AIFO-K dari fakultas kedokteran yang menuntaskan studi di Universitas Padjajaran Bandung dengan IPK 3,96 atau dengan pujian.
Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayai untuk Uncen mendidik, membimbing, mendamping dan mengantar anak – anak hingga ke jenjan saat ini. “Namun yang perlu diingat adalah ini bukan akhir perjuangan melainkan awal perjuangan, bagaimana mengimplementasikan kemampuan atau ilmu yang dimiliki di tengah masyarakat,” kata Apolo. Iapun berpesan untuk para alumni harus bisa mengisi diri dengan kompetensi dan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang. “Harus bisa diimbangi,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *