Diharap Mampu Berinovasi dan Ciptakan Lapangan Kerja

Anggota DPRP, Sinut Busup saat berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa di Sentani, Kamis, (26/8). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Anggota DPRP, Sinut Busup menghadiri acara pembukaan musyawarah Persekutuan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Klasis Woso di Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis,(26/8). Kegiatan itu berkaitan dengan penerimaan dan pembinaan terhadap anggota baru. Kemudian pada saat bersamaan, organisasi itu juga melakukan pemilihan pengurus baru.
Pada kesempatan itu, Sinut Busup menyerahkan sejumlah dana bantuan untuk kelancaran kegiatan tersebut.
Di hadapan mahasiswa Yahukimo, dia mengajak mereka agar tidak berorientasi menjadi pegawai atau PNS setelah lulus kuliah. Karena itu, dia berharap, selama kuliah, tidak hanya fokus mengasah kemampuan akademik, tapi juga mengasah kemampuan untuk berinovasi. Menurutnya, sudah saatnya generasi muda Yahukimo ini mengubah pola dalam mengejar dan meraih masa depan mereka. Karena itu, dia berharap agar mereka mampu menciptakan lapangan kerja.
“Sekarang banyak yang selesai kuliah menganggur, karena itu, saya minta supaya setelah lulus, kita harus ciptakan lapangan pekerjaan. Sekarang jangan hanya fokus akademik, tapi juga kemampuan berinovasi, harus dikembangkan. Kita harus bisa menciptakan lapangan kerja, “ujarnya kepada wartawan di Sentani, Kamis (26/8).
Lanjut dia, guna mendukung proses perkuliahan mereka, dia berjanji untuk ikut mendorong dan membantu pekerjaan pembangunan rumah huni yang layak atau asrama khusus bagi mahasiswa Yahukimo yang ada di Jayapura. Saat ini, asrama yang sudah dibangun oleh Pemkab Yahukimo tidak cukup lagi untuk menampung seluruh mahasiswa Yahukimo yang sedang menimba ilmu di Jayapura.
“Mereka yang punya tempat penampungan khusus mahasiswa sudah harus dibangun, saya akan mbantu dana Rp 25 juta dari Rp 50 juta yang mereka usul. Nanti saya harapkan teman di DPR kabupaten juga membantu. Supaya mereka punya asrama sendiri,”ungkapnya.
Ketua Fraksi PAN DPRP Papua itu, berharap agar dengan dibangunnya asrama itu bisa menampung sebagian mahasiswa Yahukimo yang ada di Sentani, Kabupaten Jayapura. Dia juga memotivasi mahasiswa Yahukimo dan meminta mereka bisa menyelesaikan kuliahnya dengan baik dan tepat waktu.
“Hari ini, orang Yahukimo Tuhan pakai luar biasa. Mengapa saya katakan, hari ini ada orang Yahukimo jadi kapten dan melatih orang lain, pilot. Bisa keluar negeri, bisa doktor tidak lama lagi akan profesor, mereka bisa menulis buku, apa saja mereka bisa ciptakan,”ujarnya memotivasi mahasiswa Yahukimo.(roy/tho)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *