Jaga Terus Kebersihan di Kota Jayapura

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., didampingi Kepala DLHK Kota Jayapura Jece Mano, menyerahkan secara simbolis kendaraan kebersihan dan peralatan kerja di depan halaman parkir Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (24/8)kemarin. (Priyadi/Cepos)

Kemarin, DLHK Kota Serahkan Bantuan Alat Kerja & Armada Sampah
JAYAPURA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura menyerahkan peralatan kebersihan dan peralatan buruh sampah pada Selasa (24/8) kemarin.
Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM mengungkapkan, penyerahan kendaraan kebersihan dan peralatan kerja bukan kali ini saja, namun telah dilakukan semenjak kepemimpinannya periode pertama hingga kedua.
Penyerahan ini bertujuan untuk meningatkan pelayanan kebersihan di Kota Jayapura sebagai barometernya di Papua apalagi saat ini menjelang PON XX tentu kebersihan Kota Jayapura harus dijaga dengan baik karena banyak pengunjung yang datang.
Kepala DLHK Kota Jayapura Jece Mano, mengatakan pengadaan peralatan kebersihan dan peralatan buruh sesuai dengan dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) yang dikeluarkan pada tahun 2021.
Peralatan kebersihan tersebut meliputi motor sampah sebanyak 8 unit, Arm Roll Hino 130 HD sebanyak 6 unit, Dump Truck Hino 130 HD sebanyak 6 unit, gerobak sampah sebanyak 8 unit, bak kontainer sampah 8 unit, mesin cacah plastik sebanyak 2 unit, mesin press sebanyak 1 unit. Ada juga pengadaan peralatan dan mesin yang terdiri dari mesin chain saw 8 unit, mesin babat rumput 15 unit, mesin motor tempel yamaha enduro 40 PK 2 unit.
Sementara itu ada juga pengadaan peralatan kebersihan, dan peralatan perlengkapan kerja bagi petugas kebersihan yaitu masker nebulizer dewasa, tenda/terpal 4×6 cm, topi lapangan, kacamata pelindung, jaring penutup sampah, helm lapangan, kaos lapangan lengan panjang, rompi, jas hujan, sarung tangan, kemeja bengkel, sepatu boat dan sepatu kets.
“Kami juga menyediakan speedboat sebanyak 2 unit untuk membersihkan area perairan yang akan digunakan oleh beberapa cabor yang diperlombakan saat PON, seperti contohnya lomba dayung,” imbuhnya.
Selain itu dirinya juga mengungkapkan bahwa untuk maintenance dalam pemeliharaan dan servis peralatan sudah disiapkan olehnya. “Jadi untuk pemeliharaan dan servis akan rutin kami lakukan setahun sekali dan anggarannya juga dari kami.” Tandasnya.
Pihaknya berharap pengadaan alat kebersihan ini dapat dipergunakan sebaik mungkin oleh petugas kebersihan dalam menjaga dan memelihara kebersihan di Kota Jayapura. (dil/cr-265)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *