Pelajar Bisa Menjadi Duta Vaksin

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri memantau pelaksanaan Vaksinasi di SMAN 2 Jayapura, Senin (23/8) kemarin. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Program Vaksinasi Merdeka dalam rangka percepatan Vaksinasi di Papua terus dilakukan, Selasa (23/8). Vaksinasi tahap II digelar di SMAN 2 Jayapura yang diikuti ratusan orang termasuk pelajar.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyampaikan, dari anak sekolah bisa menjadikan mereka sebagai duta vaksin. Dimana nantinya pelajarlah yang menceritakan manfaat dan reaksinya ketika mereka usai divaksin. “Para pelajar inilah yang akan memberikan pemahakan kepada keluarga mereka dan lingkungan mereka bagaimana rasanya usai divaksin,” terang Kapolda.

Pihaknya akan mengembangkan vaksinasi di papua terutama di empat cluster pelaksanaan PON di Papua. Sebagaimana Vaksinasi yang dilakukan di SMAN 2 Jayapura bentuk kerjasama antara Polda Papua dengan Pemerintah Provinsi Papua khususnya Dinas Pendidikan, Perpusatakaan dan Arsip Daerah.

“Saya akan siap bekerja sama dengan SMA Negeri II Jayapura dalam berbagai even karena apresisasi saya kepada Sekolah ini, yang telah menjadi pelopor pertama dalam melakukan vaksin Dor To Dor yang sudah masuk pada tahap vaksinasi Tahap II,” ucap Kapolda yang juga alumni SMAN 2 Jayapura ini.

Kapolda meminta kepada pelajar dan para untuk tidak takut divaksin, karena ini adalah program dari Pemerintah yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat papua sehingga terhindar dari ancaman virus Covid-19.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas  Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Papua Protasius Lobya menyampaikan tidak ada satu orang pun yang bisa menemukan obat mujarab untuk menghentikan virus Covid-19 ini, yang bisa dilakukan para ahli dengan melakukan vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang pada intinya bagaimana kita agar dapat terhindar dari virus Covid-19 itu sendiri.

“Vaksinasi ini tidak mematikan, jika ada yang menjelaskan bahwa vaksin menimbulkan penyakit bawaan maka itu tidak benar,” tegasnya.

Di tempat yang sama Wakil Kepala SMA Negeri II Jayapura Agus Salim mengatakan,  pelaksanaan Vaksinasi ini sangat bagus karena kerjasama antara Polri dengan Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

“Kami dari SMA Negeri II Jayapura dipercaya menjadi penyelenggara vaksinasi di daerah Waena. Kami berharap vaksinasi ini bisa mencapai 70 persen dari murid yang ada disini, sehingga kami bisa kembali melaksanakan proses pembelajaran tatap muka,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *