PT. BIA Resmi Serahkan 100% Lahan Plasma 

Penandatanganan addendum perjanjian  penyerahan lahan plasma 20  persen oleh PT BIA kepada masyarakat Papua pemilik hak ulayat yang dilakukan oleh Presiden Direktur PT. BIA Kong Byoung Sun dan pengurus Koperasi Mandob Sejahtera. (PT BIA For Cepos)

Kepada Masyarakat Papua Pemilik Ulayat

MERAUKE_ PT.  Bio Inti Agrindo (PT. BIA) menyerahkan secara keseluruhan areal plasma kepada masyarakat Papua yang tergabung dalam Koperasi Mandob Sejahtera. Total areal yang diserahkan yakni 6.867 Ha.

  Kegiatan ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT. BIA Bpk. Kong Byoung Sun, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Merauke Ratna Lauce M.Si, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Merauke Y.B Eric Rumlus.S.Sos, Pengurus Koperasi antara lain,  Charles Mahuze, Stevanus Silau Mahuze, Donatus Mahuze Kewam, Emanuel Ruseno Mahuze, Rosalino Mahuze Milafo serta LSM dan beberapa karyawan PT. BIA.

   Penandatanganan addendum perjanjian penyerahan areal plasma ini didahulukan dengan beberapa pertemuan sebelumnya yang dihadiri oleh pihak-pihak yang terlibat, baik secara langsung maupun secara daring (mengingat tingginya kasus positive Covid-19 di wilayah Merauke). Masing-masing pihak telah mengerti dan akhirnya sepakat atas butir-butir yang tertera di dalamnya.

   Manager Plasma PT. BIA Nanda Arviansyah, menjelaskan bahwa secara konsisten sejak 2016, PT. BIA melakukan pembagian plasma secara bertahap, diawali dengan pembentukan koperasi, pembagian plasma tahap 1 sekitar 1.500 Ha kemudian penyerahan areal Plasma tahap 2 (tahap akhir) pada Agustus ini.

   Kebun Plasma memberikan tambahan pemasukan dan terus meningkat seiring dengan rencana panen atas plasma tahap 2. Dikatakan, plasma di PT.BIA atau Koperasi Mandob Sejahtera bermitra dengan perusahaan, tak hanya memastikan suplai TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit, namun juga turut berkontribusi dalam menghasilkan produk sawit yang berkelanjutan sesuai dengan standar ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan RSPO (Roundtable Sustainable Palm Oil).

  Sebagai wujud nyata atas komitmen perusahaan untuk membantu petani plasma terus berkembang, perusahaan memberikan pendampingan teknis, seminar dan pelatihan untuk meningkatkan produktifitas dan juga menerapkan praktek terbaik perkebunan berkelanjutan.   Atas realisasi Kebun Plasma ini, maka PT.BIA telah memenuhi Peraturan Mentri Pertanian Indonesia dengan No. 26/Permentan/OT.140/2/2007 sekaligus beyond to Corporate Citizenship yakni dengan memberikan kontribusi positif sebanyak-banyaknya kepada masyarakat sekitar.                    

   Kepala Disperindakop Kabupaten Merauke disampaikan Paulina Mahuze meminta kepada Perusahaan untuk terus memperhatikan Koperasi ini demi kesejahteraan masyarakat, persoalan itu sering terjadi dalam dunia perkoperasian tetapi tidak menghalangi untuk berkembangnya satu koperasi.

  Presiden Direktur PT.BIA., Kong Byoung Sun mengharapkan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan kebun plasma dan saling menguatkan hubungan internal antara masyarakat.

  Ketua Koperasi Serba Usaha PPS  Mandob Sejahtera, Charles Mahuze Milafo dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT.BIA yang telah melengkapi kebun plasma sebanyak 20%. “Kebun plasma ini sangat dinanti – nantikan oleh masyarakat di kampung saya mewakili seluruh masyarakat yang ada di kampung, sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih,” pungkasnya. (ist/ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *