Pemkab Tolikara Launching Program Unggulan JOSHUA

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE., M.Si., menyerahkan secara simbolis kartu JOSHUA dan buku tabungan kepada perwakilan lansia di aula Bappeda Kabupaten Tolikara di Igari, Karubaga, Kamis (19/8). (Diskominfo Tolikara)

KARUBAGA-Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE., M.Si secara resmi melaunching program unggulan JOSHUA (Jaminan Sosial Hari Tua) di aula Bappeda Kabupaten Tolikara, di Igari, Karubaga, Kamis (19/8).
Launching ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu JOSHUA dan buku tabungan oleh Bupati Usman Wanimbo kepada 10 orang lanjut usia (lansia).
Bupati Usman G. Wanimbo dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Tolikara sangat peduli terhadap pembangunan sumber daya manusia masyarakat asli Papua. Selain program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), sekolah unggul berpola asrama dan prioritas jabatan ASN putra daerah, Pemkab Tolikara juga memiliki perhatian besar terhadap para lansia.
“Program JOSHUA merupakan sebuah wujud kepedulian kami (pemerintah daerah, red) terhadap para orang tua yang sudah lanjut usia. Kami bekerja sama dengan Bank Papua memberikan bantuan dana sebesar Rp 500 ribu setiap bulan kepada masyarakat asli Papua berusia 60 tahun ke atas, yang tersebar di seluruh Tolikara,” ungkap Bupati Usman Wanimbo.
Dikatakan, program JOSHUA tehitung mulai berjalan sejak Januari 2021. Oleh karena itu di bulan Agustus ini, setiap peserta JOSHUA menerima bantuan sebesar Rp 4 juta. Bantuan disalurkan melalui Bank Papua Cabang Karubaga, Kantor Kas Bank Papua Bokondini dan Kantor Kas Bank Papua Kanggime.
“Terima kasih kepada Bank Papua yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemkab Tolikara dalam mewujudkan Program Unggulan JOSHUA ini,” ucapnya.
Mewakili seluruh Lansia penerima program Joshua, Yarius Kogoya sambil menitikan air mata mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah membuka hati Bupati Usman G. Wanimbo untuk membantu orang yang sudah tidak kuat bekerja.
“Saya asal Distrik Goyage. Terima kasih kepada anak bupati atas program mulia ini. Anak bupati terus lanjutkan program ini. Siapapun yang menggantikan Bupati Usman, kami harap program ini tetap ada,” pinta Yarius Kogoya.
Hal serupa dikatakan Ketua Klasis Konda, Pdt. Agus Kogoya. Usai menerima kartu JOSHUA dan buku tabungan, ia memberikan apresiasi kepada Pemkab Tolikara saat ini. Menurutnya, tidak semua pemimpin bisa melakukan sebuah terobosan mulia seperti yang dilakukan  Bupati Usman G. Wanimbo.
“Saya sangat terharu, pemerintah perhatikan kami orangtua. Terima kasih bapak bupati Usman Wanimbo. program JOSHUA ini sangat luar biasa. Ini baru pertama kali sejak Kabupaten Tolikara ini berdiri. Tidak semua pemimpin bisa lakukan hal ini,” ujar Pdt. Agus Kogoya.
Anggota DPRD Tolikara, Lenas Gire, juga memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Usman G. Wanimbo atas peluncuran program JOSHUA. Menurutnya, para lansia yang tinggal di pelosok-pelosok Tolikara sudah tidak mampu bekerja sehingga layak diberi bantuan, terutama mereka yang tidak punya penghasilan seperti para pensiunan PNS.
“Kekuatan orang tua lansia sudah menurun, mereka tidak mampu berkebun. Apalagi anaknya masih kuliah, tentu menjadi beban pikiran. Karena itu program yang sangat mulia ini patut didukung, semua pihak terutama DPRD Tolikara sebagai pengawas dan pengontrol program pemerintah. Kita punya orang tua yang tidak kuat sebagian sudah duluan pergi, sebagian yang ada ini patut kita bantu mulai dari kota karubaga hingga di pelosok seluruh Tolikara,” tutup Lenas Gire.
Sekedar diketahui, launching program unggulan JOSHUA, kemarin juga dihadiri Sekda Tolikara, Anton Warkawani, SE., pimpinan OPD, anggota DPRD, pimpinan Bank Papua, pihak keamanan, para kepala distrik, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.(Diskominfo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *