Evakuasi Pasien Covid-19 Diundur Sabtu

Petugas melaksanakan penataan tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang akan dirawat di kapal isoter KM Tidar, Kamis (19/8) kemarin. (Gratianus silas/cepos)

*Wali Kota Akan Tambah Fasilitas Hiburan di KM Tidar

JAYAPURA- Evakuasi warga kota yang terpapar Covid 19 tanpa gelaja dan sakit ringan akan dilakukan pada Sabtu (21/8) akhir pekan nanti. Agenda ini diundur sehari untuk lebih memantapkan lagi penataan kapal isoter KM Tidar yang saat ini dilakukan pihaknya.
Hal ini disampaikan Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., usai meninjau dan rapat bersama stakeholder terkait lainnya di kapal isoter KM Tidar, Kamis (19/8) kemarin.
“Saya tinjau kesiapan KM Tidar. Harusnya memang kita lakukan evakuasi di hari Jumat (20/8). Tapi, setelah saya tinjau, kita perlu buat tempat ini aman dan senyaman mungkin bagi pasien. Oleh karenanya, masih harus dilengkapi dengan dekorasi sedikit, karena saya rasa memang masih kurang,” terang Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., Kamis (19/8) kemarin.“Jadi, tanggal 21 Agustus baru kita pindahkan mereka, termasuk yang sudah masuk di LPMP sejak tanggal 15 Agustus kita pindahkan mereka ke sini (kapal isoter),” sambungnya.
Wali Kota juga memastikan bahwa kapal isoter harus disemprot disinfektan dan cairan anti serangga (kecoa) sebelum merawat warga yang terpapar Covid 19 nantinya.
“Sudah saya cek tadi airnya lancar, kamar mandinya bagus. Nanti saya tambah fasilitas hiburan seperti TV, jaringan internet dan indihome lancar juga ditambah dispenser, dan mereka akan mengikuti senam sehat di pelabuhan untuk meningkatkan kekebalan imun mereka,” ujarnya.
“Kalau tidak, nanti akan dipasang Indihome, sehingga (siaran) TV bisa jalan dengan bagus, kita akan juga akan tambah TV. Pada dasarnya, mereka yang dirawat di sini terlayani dengan baik, sehingga tingkat kesembuhannya tinggi juga,” akunya.
Orang nomor satu di Kota Jayapura ini menegaskan, pelayanan di kapal isoter akan sama dengan pelayanan yang diberikan bagi pasien di LPMP Kotaraja, termasuk makan, minum, tenaga kesehatan, obat-obatan, pemberian vitamin, serta pelayanan lainnya.
Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav Urbinas, menyebutkan, warga kota yang telah terpapar Covid 19 dalam 5 hari terakhir, dari tanggal 15 Agustus hingga 20 Agustus, akan dirawat di kapal isoter.
“Karena sangat berisiko tinggi untuk menularkan kepada orang lain. Termasuk pasien positif pada saat kegiatan yustisi yang tiap hari kita lakukan. Apabila ada temuan warga yang positif, maka temuan di atas tanggal 21 Agustus itu semua tidak akan dibawa lagi ke LPMP Kotaraja, melainkan ke kapal isoter untuk perawatan,” ujar Kombes Pol Gustav Urbinas.“Pada prinsipnya, semua stakeholder sudah sepakat untuk bersinergi supaya kita bisa mendukung penyelenggaraan isoter di KM Tidar ini,” pungkasnya. (gr/cr-256/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *