Semangat Nasionalisme dari Timur Indonesia

Sejumlah warga saat membentangkan bendera Merah Putih di Bukit Foromokho Sentani, Selasa (17/8).(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Guna memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Papua membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1000 meter di Bukit Fromokho, Kampung Nendali, Sentani, Selasa, (17/8).
Hal ini sebagai bentuk ungkapan semangat nasionalisme dari ujung Timur Indonesia, menunjukan kepada saudara sebangsa dan se- tanah air bahkan dunia bahwa Papua adalah bagian dari Indonesia.
“Rasa nasionalisme kebangsaan tidak berpatokan dengan uang, ini adalah yang lahir dalam diri kita orang Papua,” Kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gercin, Hendrik Yance Udam, di Bukit Fromokho, Selasa (17/8).
Dikatakan, pembentangan bendera Merah Putih ini untuk menegaskan kepada dunia dan Indonesia bahwa Papua merupakan bagian dari NKRI.
Untuk itu, dia mengharapkan kepada pemerintah pusat agar bisa memberikan dukungan penuh kepada siapa saja, termasuk kepada Gercin dalam upaya mengkampanyekan semangat nasionalisme dan Pancasila di Tanah Papua ini.
“Semua itu harus ditunjukan kepada Dunia, Papua sebagai bagian integral dari Indonesia, dengan membentangkan bendera Merah Putih ini, sebagai orang Papua hitam kulitnya dan keriting rambutnya ingin menyampaikan kepada dunia bahwa Papua adalah bagian dari Indonesia, untuk itu kita harus percaya diri bahwa saya Papua, saya Indonesia,” tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *