PON Tanpa Penonton?, Kluster Mimika Menunggu Kebijakan Nasional

Cesar A. Tunya. (Erik / Cepos)

PON Papua 2021

JAYAPURA – Pelaksanaan PON XX 2021 Papua tinggal menyisakan 45 hari lagi. Kepastian soal menggunakan penonton atau tidak masih dalam pertimbangan. Semuanya tergantung dengan angka Covid-19 di Indonesia, khususnya di Papua selaku tuan rumah.
Pemerintah Papua sendiri masih terus berusaha agar PON XX Papua bisa dihadiri penonton. Segala upaya terus dilakukan seperti gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 dan penerapan PPKM level empat.
Sekretaris Umum Sub PB PON Mimika, Cesar A. Tunya mengatakan bahwa khusus kluster Mimika tetap mengacu kepada kebijakan secara nasional sesuai dengan situasi terkini jelang hajatan olahraga nasional empat tahunan tersebut.
“Soal kebijakan penonton, kami akan ikuti kebijakan nasional. Kami hanya berharap agar ada ketentuan sebelum penyelenggaraan. Pakai penonton atau tidak, kami tetap siap,” ungkap Cesar kepada Cenderawasih Pos belum lama ini.
Menurut Cesar, keselamatan masyarakat lebih penting. Tapi ia juga berharap, pesta olahraga terbesar tanah air itu bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat.
“Mungkin bisa dengan pembatasan seperti 20 persen dari kapasitas venue atau 50 persen. Semua itu harus dikaji demi keselamatan kita,” ujar Cesar.
Cesar juga menuturkan, bahwa Sub PON Mimika akan memperketat protokol kesehatan saat pelaksanaan PON XX. Tak tanggung-tanggung, Sub PON Mimika akan menambah beberapa fasilitas kesehatan khususnya penanganan Covid-19 bila memang diperlukan.
Cesar juga membeberkan bahwa antusias masyarakat Mimika khususnya yang berada di sekitar zona penyelenggara sangat besar melakukan suntikan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, hal itu sangat baik untuk menekan angka Covid-19 di Kabupaten Mimika jelang pelaksanaan PON XX 2021 Papua.
“Vaksinasi di Mimika saat ini orang sangat antusias, baik masyarakat umum dan juga panitia Sub PB PON Mimika sendiri sangat antusias. Semoga kedepan ada kebijakan yang baik bagi kita semua, yang terpenting PON bisa berjalan sukses,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *