Besok, Ganjil Genap Diberlakukan

Petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP saat mensosialisasikan rencana penerapan aturan ganjil genap bagi kendaraan di Sentani, Kamis (19/8). (Robert Mboik Cepos)

 

SENTANI-Pemerintah Kabupaten Jayapura akan memberlakukan penerapan aturan ganjil genap bagi semua jenis kendaraan bermotor di Kota Sentani Kabupaten Jayapura. Aturan ini akan mulai diberlakukan, Jumat (20/8).
“Hari ini kita lakukan sosialisasi dan besok kita akan mulai menerapkan pemberlakuan aturan ganjil genap di kota Sentani, ” kata sekretaris Satpol PP Kabupaten Jayapura, Kris Mugiri kepada wartawan di sela-sela kegiatan sosialisasi penerapan aturan itu di kota Sentani, Rabu (19/8).
Dia menjelaskan, aturan itu hanya diterapkan pada sore hari dimulai pukul 18. 00 WIT sampai pukul 20.00 WIT. Karena itu kata dia, aturan pembatasan dan pengendalian arus lalulintas ini dipastikan tidak akan mengikuti aturan yang sudah dijadwalkan sebelumnya yaitu dua kali sehari.
“Kita hanya berlakukan sore hari,” ungkapnya.
Sebagaimana tujuannya, pemberlakukan aturan ganjil genap bagi kendaraan ini untuk menekan penyebaran covid 19 diwilayah Kabupaten Jayapura. Apalagi kata dia, kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX 2021, yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021.
Meski segera diterapkan, namun aturan ini ada pengecualian. Mulai dari ASN, TNI POLRI, Tenaga kesehatan, pekerja dibank. Karena sudah pasti tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat.
Sebelum aturan ini diberlakukan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna jalan diruas jalan utama kota Sentani. Ini bertujuan, agar masyarakat mengetahui rencana penerapan kebijakan itu sebelum diterapkan.
“Sebelum diterapkan, kita mulai dengan sosialisasi. Harapan kami masyarakat memahami penerapan aturan ini,” ujarnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *