Kurangi Mobilitas Kendaraan di Jalan Ahmad Yani

Anggota Satuan Lalulintas saat mengamankan pemberlakuan uji coba ganjil genap di SIP, Senin (16/8) malam. (elfira halifa)

*Senin Malam, Perdana Pemberlakuan Uji Coba Ganjil Genap

JAYAPURA – Perdana pemberlakuan uji coba ganjil genap di Kota Jayapura yang dilakukan oleh Satuan Lalulintas Polresta Jayapura Kota di sepanjang jalan Ahmad Yani, Senin (16/8) malam.
Selama uji coba yang dilakukan dua jam, terlihat tak ada protes dari pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Setiap pengendara diarahkan pada jalur yang sudah diatur oleh tim gabungan yang ada di lapangan.
Traffic Cone diletakkan di sepanjang jalan untuk memudahkan para pengendara yang memiliki plat nomor polisi genap ataupun ganjil.
Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota AKP Viky Pandu mengatakan, sebanyak 25 personel gabungan yang dilibatkan saat uji coba perdana tersebut. Adapun titiknya yakni Sagu Indah Plaza, Simpang Triton, Simpang Surya, Simpang Danamon dan Simpang PLN.
“Ada beberapa titik yang bisa dilalui saat pemberlakukan ganjil genap, saat berlaku bagi kendaraan genap. Maka kendaraan yang bernomor ganjil kita alihkan dan mencarikan alternatif lain. Tujuannya untuk mengurangi mobilitas kendaraan yang menuju ke Ahmad Yani,” kata Kasat Lantas. Lanjut Kasat Lantas, ada beberapa tujuan dalam pelaksanaan ganjil genap. Salah satunya untuk simulasi pada saat pelaksanaan PON dan meminimalisir penyebaran covid-19.
“Fokus kami tempat keramaian dan pusat pertokoan, kami lakukan secara persuasif agar tidak terjadi benturan dengan masyarakat. Untuk waktunya situasional,” pungkasnya.
Sementara itu, Almy salah satu warga mengaku masih kurang paham dengan pemberlakukan ganjil genap tersebut. Dirinya harus putar arah jauh untuk pulang ke rumahnya lantaran kendaraan yang digunakan bernomor ganjil. “Mungkin belum terbiasa ya, sehingga merasa aneh saja dengan peraturan seperti ini,” kata Almy. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *