Kesadaran Masyarkat Dinilai Masih Rendah

Tampak tumpukan sampah yang dibuang tidak pada tempatnya di Jalan Kehiran Sentani, Jumat, (13/8). (Robert Mboik Cepos)

*Untuk Membuang Sampah pada Tempatnya*

SENTANI- Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah. Seperti yang terlihat di Jalan Kehiran, Jumat, (13/8). Tampak di pinggir jalan itu dipenuhi sampah. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu pemandangan di Kota Sentani.
“Masih banyak ditemukan daerah yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Padahal ini sudah dilarang oleh petugas kebersihan ,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Abdurahman Basri ketika dikonfirmasi media ini, Jumat, (13/8), kemarin.
Dari pantauan media ini, sebelumnya pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura sudah menertibkan beberapa titik kawasan yang sering dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sementara oleh masyarakat. Salah satu yang sudah ditertibkan adalah di kawasan jalan Kehiran Kota Sentani. Kemudian untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketaatan masyarakat, pemerintah telah menempatkan kamera pengawas atau CCTV di sekitar kawasan itu.
Sebenarnya di sekitar kawasan itu pemerintah juga sudah menempatkan salah satu titik pembuangan sampah yaitu di Jalan Youmakhe. Di sana terdapat 2 kontainer sampah yang sengaja disiapkan oleh pemerintah untuk menampung sampah rumah tangga milik masyarakat.
“Kami ada siapkan titik pembuangan sampah untuk kawasan Kehiran itu di jalan Youmakhe. Harapan kami warga hanya dapat membuang sampah di sana supaya memudahkan kami untuk mengangkut sampah-sampah itu, ” jelasnya.
Di sisi lain, pemerintah juga meminta masyarakat agar membuang sampah hanya pada malam hari. Sehingga petugas hanya bisa mengangkut sampah pada pagi harinya.
“Ini bertujuan agar di siang hari suasana kota terlihat bersih dan indah,” katanya.
Untuk itu, pihaknya berharap agar ada kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dalam penanganan sampah di Kabupaten Jayapura ini, khususnya di daerah kota Sentani yang sementara ini sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober nanti .(roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *