Cek Kesiapan PON XX, Asops Polri Tinjau Sejumlah Venue

Pemantauan Venue PON Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto didampingi Kapolda Papua dan pejabat Polri lainnya meninjau venue Cabor PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua yang ada di klaster Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Kamis (12/8). (Humas Polda)

JAYAPURA – Tak terasa PON XX akan dilaksanakan kurang dari 2 bulan lagi atau tepatnya 50 hari lagi. In berarti hajatan olahraga terbesar di Indonesia akan digelar di Kota Jayapura, Kabu[aten Jaya[ura, Kabu[aten Mimika dan Kabupaten merauke.
Untuk memastikan kesiapannya, Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto didampingi Kapolda Papua dan pejabat Polri lainnya meninjau venue Cabor PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua yang ada di klaster Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Kamis (12/8)
Adapun Venue yang ditinjau yakni Stadion Lukas Enembe yang berada di Kawasan Venue Kampung Harapan. Dalam penjelasan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa, pembangunan Venue Stadion Lukas Enembe dimulai sejak tahun 2017 dan menghabiskan dana sebesar Rp 1.3 Triliun.
Kapasitas penonton Stadion Lukas Enembe adalah 41.800 penonton. Sehingga pada saat PON XX Papua tahun 2021 nanti, Stadion Lukas Enembe hanya akan digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan karena interval waktu tidak cukup.
Selain itu, rombongan juga meninjau venue akuatik, venue menembak indoor dan venue istora yang masih berada di kawasan Kampung Harapan. Meninjau venue Voli Pantai yang berada di Koya Koso, meninjau mess atlet dan kontingen bola voli indoor dan bola voli pasir di Koya Koso Kota dan peninjauan venue dayung yang ada di Teluk Youtefa.
Selain peninjauan lokasi venue, gladi TGF PON XX dan Peparnas XVI dipimpin oleh As Ops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto didampingi Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri di Sentani.
Asops Kapolri mengatakan, ada beberapa catatan yang harus diperbaiki dan dilaksanakan kembali dalam rangka memberikan pemahaman kepada seluruh pimpinan dan personel dalam melaksanakan tupoksi di lapangan ketika operasi Deraku Cartenz sudah dilaksanakan.
“Kapolres Jayapura dan Kapolresta Jayapura Kota agar berkoordinasi dengan stakeholder sehingga dibangun dari sekarang untuk menyingkronkan seluruh pengamanan kegiatan ini,” kata Asops.
Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen menerangkan, untuk pengamanan kedatangan di Bandara akan diperkuat 1 pleton Brimob dan diperbantukan 1 regu TNI dengan bentuk pengamanan dari Bandara menuju tempat registrasi di Stadion Barnabas Youwe.
“Pengamanan pembukan dan penutupan, Polres Jayapura berada di ring 3 dan akan melakukan penyekatan yang berada di batas Kota dan Telagaria oleh 1 kompi Brimob dan Sabhara, antusuias besar masyarakat akan hadir. Dan untuk simpul jalan kita tempatkan Polisi Lalu Lintas,” terangnya.
Di tempat yang sama Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas mengatakan, Kota Jayapura akan melaksanakan Operasi Deraku Cartenz yang akan melibatkan personel TNI, Polri dan Satpol PP. Dimana telah membagi dalam 5 wilayah yakni Distrik dan Polsek.
“Fokus kita tempatkan di pelabuhan untuk memudahkan monitor perkembangan dan logistik. Kita juga menempatkan 33 Pos Pam guna mengcover seluruh venue dan atlit official. Serta pembagian BKO Brimob di setiap Polsek sebanyak 100 pers dengan maksud bisa dimanfaatkan pengamanan venue dan merespon kejadian,” terangnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *